Satuan Sabhara Polres Paser Latihan Dalmas dan Raimas Untuk Menghadapi Pilkades

887

SOROT – Meski Dibawah terik matahari yang cukup menyengat namun semangat berlatih tak pernah surut, itulah yang dilakukan Satuan Sabhara Polres Paser dalam latihan Dalmas dan Raimas, Kamis (1/12) di Telaga Ungu Kilometer 5 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim.

Latihan rutin yang diikuti 50 anggota itu menampilkan berbagai macam formasi dengan penuh kekompakan antara satu anggota dengan yang lainnya.

Seperti latihan Raimas (pengurai massa) menampilkan formasi bersaf, berbanjar dan paruh lembing disertai dngan penggunaan senjata flashball/gas air mata.

Menurut Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan melalui Kasat Sabhara Polres Paser AKP Budi Santosa latihan ini untuk meningkatkan kemampuan pesonil menghadapi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Paser.

“Latihan ini selain rutin dilaksanakan, juga sebagai persiapan Pilkades serentak 7 Desember 2016 mendatang, kegiatan ini untuk memantapkan kesiapan anggota yang akan bertugas nantinya,” kata Budi.

Anggota Sabhara ini kata Budi nantinya ditugaskan dibeberapa desa yang melaksanakan Pilkades untuk membantu anggota yang bertugas Polsek.

Menurutnya, latihan kali ini juga mencoba menggunakan senjata listrik yang baru diperoleh Polres Paser, dan berfungsi untuk menangani massa yang lepas kendali atau mengamuk.

“Saya juga memberi pelatihan tekhenis penggunaan senjata pelumpuh Dalmas jenis elekrtik gun, senjata ini ada 4 buah dan baru aja kita dapat, kalau ditembakkan tidak berbahaya hanya menghilangkan keseimbangan beberapa menit saja. bahayanya hanya, kalau jatuh terbentur ditempat keras,” kata Budi.

Untuk saat ini kata Budi, Sabhara Polres Paser belum memiliki Security Barrier atau kawat berduri tapi dalam waktu dekat akan mendapatkan fasilitas tersebut. “Setiap Polres nanti pasti dapat kawat berduri,” ucapnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.