Perampok di Tanah Grogot Sempat Duel dan Mengancam Penghuni Rumah

9774

SOROT – Warga dihebohkan peristiwa percobaan perampokan yang terjadi di Jalan KH Achmad Dahlan Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kaltim, Kamis (19/1/17).

Seorang lelaki tak di kenal tiba-tiba masuk ke rumah milik H Farhan melalui pintu dapur dan mengancam Hj Halimah, Rahmah dan Dedy penghuni rumah, menggunakan senjata tajam.

Menurut Iyung anak Hj Halimah, Peristiwa ini bermula saat penghuni rumah mendengar suara ketukan keras di pintu samping rumah, tapi penghuni tidak membukanya, bahkan Ia berlari melalui pintu belakang dengan niat mengunci pintu pagar yang tak jauh dari pintu yang di ketuk sebelumnya.

“Pertama dia mengetuk pintu samping, karena nggak dibuka lari kebelakang, nah pada saat menuju ke belakang itu ketemu sama Rahmah yang mau mengunci pintu pagar, dan Rahmah langsung dicekik sambil dibawa menuju masuk ke rumah lewat pintu belakang,” kata Iyung.

Saat berada di dalam rumah perampok seorang diri itu juga mengancam Hj Halimah. Mendengar ribut-ribut Dedy yang berada dalam kamar langsung keluar, dan terjadilah duel fisik dengan perampok.

“Mamak saya (Hj Halimah) juga diancam, mendengar ribut adek saya Dedy langsung keluar kamar menolong ibu, disitu mereka berkelahi. Melihat si Perampok mengeluarkan Wasi (sajam) Dedy bergegas masuk ke kamar dan mengunci pintu,” ujar Iyung.

Di dalam kamar Dedy tak tinggal diam, Dia berusaha keluar rumah untuk meminta tolong kepada warga sekitar. Vintilasi kamar yang disekat dengan kaca pun dipecahkan oleh Dedy menggunakan tangan untuk mencari jalan keluar.

“Tangannya berdarah waktu memecahkan kaca itu, dan akhirnya dia berhasil lolos keluar rumah loncat dari ventilasi, baru dia berteriak minta tolong,” kata Iyung.

Mendengar teriakan, perampok yang mengenakan helm, jaket dan masker itu akhirnya panik tunggang langgang keluar menuju ke sepeda motornya yang terparkir di halaman rumah tersebut.

“Dia lari keluar lewat pintu dapur juga, baru lewat samping rumah menuju halaman depan. Nah waktu perampok itu sudah di motornya Pak Imam Mesjid Agung (Syamad) melihat katanya mendorong motor dari halaman ke jalan, dan motornya sempat nggak mau nyala,” kata Iyung.

Beruntung kejadian ini penghuni rumah dalam keadaan selamat tanpa cedera, dan perampok yang beraksi sekitar jam 10.00 itu juga tak berhasil membawa barang atau harta berharga lainnya.

“Bersyukur nggak terjadi apa-apa, cuman mamak sampai sekarang masih shock dan keadaan beliau juga memang terkena stroke makanya berada di kursi roda aja. Kalau Dedy mengalami luka itu karena terkena kaca. Sedangkan uang dan barang nggak ada yang hilang,” katanya.

Menurut Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan, hingga saat ini pihak kepolisian masih mengejar pelaku percobaan perampokan dengan kekerasan itu.

Hendra juga menghimbau kepada warga agar selalu waspada. “Kalau meninggalkan rumah pastikan keadaan rumah terkunci dengan baik atau ada yang menjaga,” kata Hendra (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.