Rutan Tanah Grogot Rencana Berkebun Sayuran

807

SOROT – Untuk memanfaatkan lahan yang ada, Rumah Tahanan (Rutan) Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kaltim berencana menggarap kebun sayuran.

“Kita punya lahan sekitar satu hektar di samping Rutan ini, tentu ini bagus kalau dijadikan kebun, sehingga bermanfaat dan tidak menjadi lahan kosong,” kata Husni Thamrin Kepala Rutan Tanah Grogot, Senin (23/1/17).

Jika lahan milik Rutan itu sudah dimanfaatkan menjadi kebun kata Husni maka hasil panennya nanti akan dijual kepengelola komsusi (makanan & minuman) Rutan.

“Yang menangani makan untuk para napi dan tahanan disini kan pihak ketiga, jadi hasil kebun yang ditanami sayuran itu bisa dijual kepada pihak ketiga,” kata Husni.

Hasil dari sayuran yang rencana ditanam seperti jagung, kangkung, tomat, terong dan lainnya itu akan dibagi dua antara penghuni dan petugas Rutan.

“Keuntungan dari hasil panen nanti, 50 persen untuk napi dan 50 persennya lagi untuk para petugas disini setelah dikeluarkan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) yang disetorkan ke negara,” katanya.

Untuk mewujudkan rencana ini kata Husni, Ia berharap ada pihak ketiga bersedia memberikan keihlasan untuk melakukan pematangan lahan tersebut.

“Kita berharap semoga ada ada pihak ketiga yang mau melakukan pematangan lahan untuk memberikan sumbangsih kepada Rutan, agar lahan itu bisa dimanfaatkan,” katanya.

Sedangkan untuk pengelolaan kebunnya nanti kata Husni, akan dilakukan oleh para napi dengan pengawasan petugas.

“Yang bekerja nanti napi, mungkin kita ambil lima orang dan kita awasi. Kalau soal keamanan tentu tidak masalah karena kebun ini dikelilingi tembok pengaman,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.