Box Pendingin Ikan Membawa Ferry Iriansyah Raih Juara 1 TTG Paser

926

SOROT – Lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-5 Tingkat Kabupaten Paser Tahun 2017 diikuti peserta dari Pemerintah Kecamatan dan Posyantek se- Kabupaten Paser, Kamis (4/5/17), di Kecamatan Batu Sopang.

Kegiatan sehari yang diprakarsai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Paser itu dihadiri Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah. Pada kesempatan itu Wabup mengatakan, melalui TTG ini masyarakat bisa mengoptimalkan potensi sumber daya untuk meningkatkan ekonomi.

“Ini merupakan ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajuan ekonomi masyarakat yang tinggal di desa-desa,” kata Mardikansyah.

Dikatakan, kepada para pelajar, generasi muda dan seluruh masyarakat harus diberi untuk memanfaatkan teknologi yang ada supaya tepat guna. Sehinggga dapat memasyarakatkan teknologi guna menumbuhkan budaya entrepreneur dan wirausaha.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kedepan bisa memotivasi masyarakat dan generasi muda untuk mampu menciptakan kreativitas ide-ide baru teknologi sederhana yang sangat membantu pengembangan ekonomi masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Agar bisa tepat sasaran, kata Mardikansyah diharapkan kepada pelajar dan masyarakat memanfaatkan bahan-bahan di sekitarnya untuk dijadikan teknologi tepat guna. Ketika hasil karyanya dapat dimanfaatkan masyarakat, berarti mereka memberikan kontribusi kepada Pemerintah Daerah.

Sementara juara 1 lomba TTG tersebut adalah Ferry Iriansyah dari Posyantek Harapan Baru Kecamatan Tanjung Harapan dengan hasil Karya, Box Pendingin Ikan. Juara II Subanto dari Posyantek Telake Kecamatan Long Kali dengan Karya alat pembuat gethuk dan sambal pecel sedangkan Juara 3 Sugiarto dari Posyantek Muru makmur Kecamatan Kuaro dengan Karya Molen sederhana.

Untuk juara Harapan I diraih Syaiful Rohman dari Posyantek Gawi Taka Kecamatan Batu Sopang dengan karya alat pembuat arang sekam. Juara Harapan II Shafa Shavira Vina Mahyona dari MAN Insan Cendekia Posyantek Harapan Kita Kecamatan Tanah Grogot karyanya adalah Bio Filter Tandan Kosong.

Kemudian juara Harapan III adalah M. Ahluddin Ibnu S dari SMAN 1 Tanah Grogot Posyantek Harapan Kita Kecamatan Tanah Grogot. Sedangkan untuk Juara Lomba Stand Pameran Gelar TTG ke V kali ini adalah Juara 1 Kecamatan Batu Sopang, Juara II Kecamatan Longikis dan Juara III Kecamatan Tanah Grogot

Terkait kegiatan tersebut, Kepala Dinas DPMD Kabupaten Paser Katsul Wijaya mengatakan, peserta yang menjadi juara nantinya dapat mewakili Kabupaten Paser dalam lomba teknologi tepat guna tingkat provinsi maupun nasional.

Melalui kegiatan seperti ini kata Katsul, hasil karya teknologi tepat guna bisa meningkatkan produktivitas kesejahteraan masyarakat. ”Kita DPMD sebagai fasilitator untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak muda dan seluruh Masyarakat. Pemanfaatan teknologi, menjadi alat yang tepat guna,” terangnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.