Komunitas Adat Terpencil se-Indonesia Akan Berkunjung ke Paser

767

SOROT – Kementerian Sosial RI berencana mengundang Komunitas Adat Terpencil (KAT) se-Indonesia untuk berkunjung ke Desa Munggu, Kecamatan Long kali, Kabupaten Paser, Kaltim. Rencana kunjungan itu, karena program nasional KAT di desa tersebut menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Menurut Ningsih Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Paser, ada 28 KAT yang dijadwalkan berkujung tanggal 19 Mei Mendatang. Dan lokasi pertemuannya berlangsung KAT Munggu.

“Pola pemberdayaan yang dilakukan di KAT Munggu dipandang berhasil karena masyarakat yang dulunya terasing dan nomaden kini secara bertahap sudah mulai sejahtera, mandiri serta berinisiatif menggali potensi lokal,” kata Ningsih, Kamis (4/5/17).

Menurut Ningsih, untuk memastikan persiapan kegiatan itu maka telah dilakukan pertemuan antara Bupati dengan Kemensos. Sedangkan pada acara nanti kata dia, ada penyerahan alat pertanian kepada penduduk.

Lebih lanjut Ningsih juga menjelaskan, saat ini di Paser ada dua KAT, satunya berada di Dusun Pasero, Desa Kerang Dayo, Kecamatan Batu Engau. KAT adalah program terpadu melibatkan Kemensos RI, Dinas Sosial Provinsi, Dinas Sosial Kabupaten, Perguruan Tinggi, dan beberapa instansi lain.

“Proses KAT di Munggu dimulai sejak 2012 dan dinyatakan selesai pada 2015 dengan 55 Kepala Keluarga. Sementara KAT Pasero dimulai tahun 2015 dengan 57 Kepala Keluarga, dan saat ini masih dalam proses pembangunan pemukiman,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.