Gotong Royong di Hutan Kota, Ini Kata Pejabat untuk Wapena Paser

817

SOROT – Hutan Kota yang berada di kawasan jalan Jend Sudirman Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim hampir setiap sore digunakan warga untuk berolahraga, tapi suasana berbeda pada Jumat pagi (14/7/17), terlihat ada kegiatan gotong royong dilokasi itu.

Dengan membawa peralatan berupa sapu, arit, parang dan lainnya, peserta aksi gotong royong itu ternyata dilakukan oleh Wartawan Siaga Bencana (Wapena) Kabupaten Paser bersama Polres Paser, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser.

Berbaur melakukan kegiatan, mereka memangkas rumput yang panjang, dan sebagian lainnya mengumpulkan daun kering. Hasilnya Hutan Kota yang rindang itu lerlihat lebih rapi dan indah. Tak ada lagi rumput yang panjang maupun daun kering berserakan.

Menurut Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar mengatakan, kegiatan Wapena ini selain memberi banyak manfaat termasuk mempererat tali silaturahmi, juga membuat lingkungan jadi bersih. Sehingga Hutan Kota lebih nyaman digunakan untuk kegiatan olahraga.

“Wapena Paser harus menjadi inisiator mencegah terjadinya bencana. Salah satu yang dilakukan menjaga kebersihan, makanya kita dukung gotong royong ini,” kata Dudy Iskandar.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Paser Abdul Basyid mengapresiasi, bahkan kedepan Wapena diharapkan lebih aktif lagi, terutama dalam merangkul instansi terkait dalam kegiatan seperti ini, sehingga terjalin kekompakkan semua pihak dalam menciptakan kota yang bersih dan nyaman.

“Kita sangat mendukung kegiatan kebersihan ini, bagaimana pun bukan tugas kita (DLH), sehingga kami harus berkoordinasi dengan instansi terkait,” kata Abdul Basyid.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Paser Edwar Effendi menyambut gembira harapan Abdul Basyid, dengan melaksanakan kembali gerakan Jumat Bersih bersama Wapena.

“Dengan Jumat Bersih, kita berolahraga sambil bersih-bersih. Bersama Wapena, saya yakin Jumat Bersih nantinya lebih baik,” kata Edwar. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.