Kades Diminta Pasang Baliho Dana Desa, Tujuannya Kata Kepala DPMD Paser…

1119

SOROT – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya meminta kepada para Kepala Desa (Kades) di daerah itu, agar memasang baliho tentang penggunaan dana desa.

“Kita minta kades memasang baliho, spanduk, papan pengumuman yang menjelaskan tentang penggunaan dana desa kepada masyarakat,” kata Katsul Wijaya, Rabu (26/7/17).

Isi baliho itu kata Katsul adalah informasi penggunaan dana desa, baik dari dana Pemerintahan Pusat maupun Alokasi Dana Desa dari Pemerintah Daerah.

“Baliho itu ditempatkan di lokasi strategis supaya mudah dilihat masyarakat, tujuannya agar mereka tahu dana desa itu digunakan untuk apa saja,” kata Katsul.

Katsul lebih lanjut mengatakan, dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes), Pemerintahan Desa harus melalui mekanisme musyawarah dan melibatkan sejumlah pihak.

“Walaupun dalam penyusunan APBDes sudah melibatkan sejumlah pihak melalui musyawarah dan tranaparansi penggunaan dana desa, tapi tetap perlu diketahui masyarakat,” ujar Katsul.

Sementara saat dikonfirmasi terpisah, Kades Janju, Kecamatan Tanah Grogot Edi Kariadi mengaku pihaknya sudah membuat baliho dan menempatkannya di sejumlah titik di kantor desa.

“Baliho dan papan pengumuman sudah kita pasang di titik-titik yang mudah dilihat, sehingga masyarakat bisa tahu dana yang kami gunakan untuk apa saja,” ujar Edi.

Sedangkan untuk Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, pemasangan baliho baru direncanakan, sehingga untuk sementara jika ingin melihat penggunaan dana desa, bisa langsung mengunjungi website desa tersebut.

“Kita rencana mau pasang, bahkan menggunakan layar LCD touchscreen. Untuk sementara, penggunaan dana desa bisa dilihat di website desa online,” kata Kades Tapis Iwan Sanoba. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.