Sekitar 400 Perangkat Desa di Paser ke Bandung, Ini yang Mereka Lakukan…

1215

SOROT – Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) bersama seluruh perangkat desa Kabupaten Paser, Kamis (27/7/17), melaksanakan Orientasi Lapangan ke Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat.

Acara tersebut, rangkaian dari kegiatan Rakor Pengelolaan Keuangan Desa Tahun 2017 yang dilaksanakan 6 juli lalu, digedung Awa Mangkuruku Tanah Grogot.

Dipilihnya Kabupaten Bandung Barat menjadi tujuan kunjungan Apdesi Paser, karena merupakan Kabupaten terbaik ditingkat nasional yang telah melaksanakan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Kegiatan yang dilaksanakan Apdesi bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Paser tersebut, diikuti sekitar 400 orang, berasal dari seluruh perangkat desa di Paser yang berjumlah 139 desa.

Menurut Kepala DPMD Paser, Katsul Wijaya, keberangkatan perangkat desa itu diharapkan dapat melihat secara langsung penggunaan siskeudes di Kabupaten Bandung Barat dengan harapan dapat mengimplementasikannya di desa masing-masing.

Selain itu Kata Katsul, kegiatan tersebut juga membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa.

“Tentu ini menjadi pengetahuan yang sangat barharga dan bermanfaat bagi perangkat desa, karena akan mempermudah pelaksanaan siskeudes dan sebagai dukungan serta transparansi kegiatan pembangunan Paser,” ujar Katsul Wijaya.

Dikatakan, kegiatan kunjungan orientasi lapangan ke Kabupaten Bandung itu dilaksanakan, karena atas rekomendasi dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan.

Untuk diketahui, Jajaran Pemkab Paser yang turut serta mendampingi dalam kegiatan tersebut yaitu Asisten Kesra, DPMD, BPPKAD, Inspektorat, para camat, Bagian Bina Kesra III serta Bagian Pemerintahan dan Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Paser. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.