Menunggu Pulang ke Tanah Air, Seluruh Jamaah Haji Paser Dalam Kondisi Sehat

707

SOROT – Berdasarkan laporan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Arifin, mengatakan jamaah haji Paser yang tergabung di Kloter 10 bersama jamaah haji Balikpapan dan Berau tinggal menunggu jadwal pemulangan ke Tanah Air.

“Setelah merampungkan salah satu rukun haji yang terakhir yakni tawaf ifadah, kini jamaah haji Kabupaten Paser tinggal menunggu pulang,” kata Arifin, Rabu (6/9/17).

Sambil menunggu jadwal pemulangan kata Arifin, jamaah Paser yang berjumlah 237 orang tersebut melakukan ibadah sholat jamaah lima waktu di Masjidil Haram Kota Makkah.

Adapun terkait kesehatan jamaah, dilaporkan semua dalam kondisi sehat, meski sebelumnya ada beberapa jamaah yang jatuh sakit pada saat pelaksanaan wukuf sampai melontar jumrah.

“Jamaah yang sempat sakit itu, disebabkan oleh kondisi fisik karena usia lanjut ditambah dengan cuaca ekstrim,” kata Arifin dalam laporannya melalui pesan singkat dari Makkah.

Sementara itu, Usup salah satu jamaah, mengatakan hal senada, bahwa pada saat pelaksanaan wukuf terdapat cuaca ekstrim, sehingga membuat beberapa jamaah mengalami kelelahan.

“Ada yang sempat istirahat berkali-kali, dan bahkan ada yang pingsan sampai masuk rumah sakit karena tak sanggup melanjutkan perjalanan,” ucap Usup yang juga pegawai Kantor Kementerian Agama Pasir Belengkong. (hms/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.