Kades di Paser, Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Bagi Kepala Desa

1022

SOROT – Sebanyak 72 kepala desa (kades) di Kabupaten Paser, Kaltim mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Peningkatan Kapasitas Bagi Kepala Desa, Rabu (13/9/17) di Hotel Bumi Paser Tanah Grogot.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya mengatakan, bimtek tersebut diperuntukkan kepada kades yang baru dilantik sebagai pembekalan awal dalam rangka menjalankan roda pemerintahan desa.

“Kegiatan bimtek ini sebagai bekal teman-teman kades yang baru dilantik pada tanggal 3 Februari lalu, ini pembekalan awal terkait apa-apa saja yang harus dilakukan kedes,” kata Katsul.

Dari 72 kades yang mengikuti kegiatan itu kata Katsul, sebagian besar dari mereka adalah kades yang baru terpilih, sedangkan sisanya kades yang sudah pernah menjabat periode sebelumnya.

“Yang ikut ini, sekitar 75 persen kades baru hasil pemilihan kemarin, sementara 25 persen kades yang kembali terpilih, ada yang menjabat 2 atau tiga priode,” kata Katsul.

Materi bimtek Peningkatan Kapasitas Kepala Desa itu yakni, perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban.

“Untuk perencanaan ada materi bagaimana RPJMDes, RKPDes sampai nanti penetapan APBDes, kemudian terkait memberikan materi pelaksanaan membahas mengenai kegiatan baik itu fisik maupun jasa,” ucapnya.

Kemudian terkait materi pelaporan pertanggungjawaban, DPMPD Paser sebagai pelaksana kegiatan, melibatkan inspektorat, kejaksaan dan kepolisian.

“Artinya yang diberikan materi ini siklus terkait dengan pengelolaan keuangan, mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban,” ujarnya.

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Paser HM Mardikansyah dan dihadiri Sekda AS Fathur Rahman bersama Asisten I Setda Bidang Kesejahteraan Rakyat, Asmuni Samad tersebut, rencananya berlangsung selama tiga hari.

“Kegiatan ini selama tiga hari, mulai tanggal 13 sampai 15 September 2017, dan ini kita lakukan siang malam. Sedangkan narasumbernya dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa, pak sekda, dari kita juga ada dan lainnya,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.