Nobar G30S/PKI di Tanah Grogot, Penonton Tertunduk Saat Adegan Penculikan

1083

SOROT – Ribuan warga hadir nonton bareng (Nobar) menyaksikan pemutaran film penghianatan G30S/PKI yang digelar Kodim 0904/TNG, Sabtu (23/9/17) sekitar pukul 20.00 Wita, di lapangan Prajurit Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kaltim.

Para penonton sebagian besar memilih duduk melantai menyaksikan film yang berdurasi sekitar satu jam tersebut. Tenang dan fokus, begitu yang ditunjukkan saat ribuan pasang bola mata tertuju pada layar menyaksikan film penghianatan G30S/PKI itu.

Saat adegan penculikan jendral berlansung, diantara penonton ada yang sempat menundukkan kepala, sambil mengerutu. “Sungguh terlalu memang kejamnya, dan jangan sampai terulang kembali ini wal (teman),” ucapnya terhadap rekan yang ada disampingnya.

Selain itu, seorang bocah berusia SD juga sempat bertanya pada orangtuanya yang ikut mendampingi dirinya menyaksikan film tersebut. “Apa sih pak, G30S/PKI itu,” ucapnya sambil menoleh ke ayahnya.

Sementara itu, sebelum acara pemutaran film penghianatan G30S/PKI dimulai, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ihsan, KH Badarudin memberikan sambutan dan mengapresiasi kegiatan nobar tersebut.

Menurutnya, nobar film G30S/PKI penting bagi masyarakat, khususnya remaja saat ini, untuk mengetahui sejarah kelam yang pernah dialami bangsa Indonesia di masa lalu.

“Gerakan G30S/PKI merupakan perbuatan yang tidak manusiawi, sehingga perlu diketahui oleh generasi saat ini, dan sejarah kelam di masa lalu, tidak boleh terulang kembali saat ini dan di masa yang akan datang,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.