Akan Dibangun, ASN Dilibatkan Dalam Pemberdayaan Bank Sampah

376

SOROT – Tiga bank sampah akan dibangun untuk mengelola sampah di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, rencana itu diperoleh dari hasil rapat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Paser bersama perwakilan instansi, Kamis (1/3/18).

Menurut Abdul Basyid Kepala DLH Paser, ketiga bank sampah yang akan dibangun itu, yakni bank sampah di Lingkungan Sekretariat Daerah (Setda), bank sampah di Satpol PP, dan bank sampah di Komplek Perkantoran Kilometer 5.

“DLH akan memberdayakan bank sampah itu untuk mendaur ulang kembali setiap sampah yang ada, tujuannya guna menciptakan lingkungan yang bersih, dan memiliki nilai ekonomis” kata Basyid di Tanah Grogot.

Dari hasil rapat itu juga kata Basyid, para Aparatur Sipil Negara (ASN) dilibatkan dalam pemberdayaan bank sampah di setiap perkantoran, dan berharap gerakan tersebut bisa menjadi contoh bagi masyarakat.

“Kami mengajak kepada ASN untuk memberdayakan bank sampah. Di bank sampah itulah sampah akan dipilah sesuai dengan jenisnya. Sehingga jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) berkurang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelola Sampah dan Limbah B3 DLH Paser, Harjana mengatakan, pihaknya akan membina bank sampah di perkantoran untuk dikelola seperti bank sampah milik DLH Paser.

“Kita akan melakukan pembinaan ke bank sampah yang ada di setiap perkantoran, mulai dari manajemen bank sampah, pemilahan sampah, sampai kepada mekanisme alur daur ulang sampah,” kata Harjana. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.