Akun Facebook Wartawan Senior di Paser Dibajak, Pelaku Minta Dibelikan Pulsa

798

SOROT – Waspada dengan media sosial saat ini terutama facebook, mengingat facebook sangat mudah dihack orang yang tidak bertanggung jawab, lalu digunakan untuk modus penipuan dengan meminta sejumlah pulsa.

Kasus seperti ini dialami H Hidson Humrie, Kepala Biro Kaltim Post Kabupaten Paser, akun facebook miliknya bernama Hid’s Humrie dihack seseorang, setelah berhasil mengambil akun tersebut lalu digunakan meminta pulsa kepada pemilik akun lainnya melalui pesan messenger.

“Sudah ada sekitar 50 teman yang telpon ke saya, menanyakan benarkah ada meminta pulsa 100, saya jawab, facebook saya dihack orang yang tidak bertanggungjawab,” kata Hidson saat dihubungi melalui telpon, Kamis (8/3/18).

“Teman yang telpon itu ada juga dari luar seperti Balikpapan, Samarinda dan Jakarta, rata-rata mereka paham kalau akun saya dihack orang, dengan alasan saya tidak pernah minta pulsa ke mereka kok tiba-tiba ada meminta pulsa. Tapi ada satu yang mengaku sempat mengirim pulsa 50,” sambungnya.

Oleh karena itu, Hidson berpesan kepada pengguna facebook agar jangan melayani jika akun Hid’s Humrie meminta sesuatu, dan jangan percaya dengan status yang dibuat, karena akun tersebut sudah dikuasai oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab.

“Tadi malam mungkin dihack orang, jadi akun itu bukan saya lagi yang menggunakan, saya minta kepada teman-teman agar memblokir saja akun facebook itu, dan jika terjadi sesuatu yang merugikan, itu diluar tanggungjawab saya,” terangnya.

Minta pulsa ternyata juga masuk ke akun Dhiyaul milik wartawan sorotonline.com, melalui messenger, Kamis (8/3) sekitar pukul 13.44 Wita. Berikut percakapannya:

Hid’s Humrie : Lagi dimna bisa mnta tolong sebentar
Dhiyaul : Lg di rmh pak haji, bisa
Hid’s Humrie : Bisa belikan pulsa simpati bentar nanti sore di ganti
Dhiyaul : Siap isi berapa pak haji
Hid’s Humrie : 082352757537 klau bisa isi 100
Dhiyaul : Loh gk langsung ke no pak haji kh, pak haji lg dimana ini hehe
Hid’s Humrie : Itu nmr tman hpa saya lubet
Dhiyaul : Ok sbentar bos lah, ini msih liputan ok

Untuk diketahui, Akun facebook bernama I Suantara dengan profil gambar Kepala Bappeda Paser, IG Putu Suantara, juga melakukan pengiriman pesan messenger ke akun facebook lainnya untuk meminta pulsa.

Salah satu yang menjadi sasarannya yakni akun facebook bernama Rahardi Isnan, milik salah satu wartawan. Terkait akun I Suantara, sorotonline.com belum berhasil menghubungi IG Putu Suantara, untuk mengkonfirmasi apakah itu akun pribadinya yang juga dihack seseorang. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.