Harga Gas Elpiji 3 Kg Melebihi Eceran, Disperindagkop UKM Paser Lakukan OP

535

SOROT – Harga eceran gas elpiji bersubsidi 3 kilogram (kg) di Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kaltim melambung hingga menembus angka Rp.35 ribu/tabung, melebihi eceran resmi yang ditentukan, yakni Rp.22 ribu/tabung.

Agar tidak terus berlanjut, pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Paser mengambil langka Operasi Pasar (OP) untuk menekan lonjakan harga gas elpiji bersubsidi tersebut.

Penyidik Disperindagkop UKM Paser, Marwan Natsir mengatakan, pihaknya melakukan OP pada, Sabtu (24/3) pagi hingga Minggu (25/3) dini hari di sejumlah desa Kecamatan Long Ikis.

“Kita lakukan OP di Desa Lombok, Pait, Atang pait, Kayungo, Lampi, Olung, Tajur dan Kelurahan Long Ikis. Tujuannya untuk menekan harga gas elpiji 3 kg yang tinggi,” kata Marwan, Minggu (25/3/18).

Dalam OP itu kata Marwan, ada 1.785 gas elpiji bersubsidi 3 kg dijual, dan semua diperoleh dari 6 pemilik pangkalan yang ada di kecamatan itu.

“Kami langsung yang melakukan pengawasan pendistribusiannya (penjualannya) ke masyarakat, agar harga sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah,” ucapnya.

Terkait persoalan gas elpiji bersubsidi 3 kg, Marwan menilai perlu adanya pengawasan yang baik, mulai dari di tingkat agen, pangkalan hingga pengecer.

“Perlu ada pengawasan, karena di Paser sering menjadi keluhan masyarakat tingginya harga, bahkan dulu pernah mencapai Rp.75 ribu/tabung,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.