Sekda Paser Terima Peserta Diklat LAN Makassar

628

SOROT – Mewakili Bupati Paser, Sekretaris Daerah (Sekda) Aji Sayid Fathur Rahman menerima 15 pejabat dari berbagai daerah di Sulawesi, Selasa (10/7/18) di Pendopo Kabupaten, Jalan Kusuma Bangsa Tanah Grogot.

Mereka adalah peserta Pendidikan Kilat (diklat) Pim 2 dari Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur II (PKP2A II) Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makassar.

Dalam sambutan Bupati, yang disampaikan Fathur Rahman pada pertemuan itu, menjelaskan secara singkat keadaan Kabupaten Paser, Seperti kondisi penduduk Paser yang terdiri dari berbagai suku pendatang.

“Kabupaten Paser adalah daerah yang dibentuk atas asas dasar pluaralitas. Ada suku Jawa, Sunda, Sulawesi, Batak, Sasak, NTB, NTT, hingga suku asli pulau ini yaitu suku dayak,” kata Fathur Rahman.

“Beragamnya suku yang ada di sini karena sejak tahun 1980an, Paser terbuka sebagai tujuan transmigrasi,” sambungnya.

Fathur Rahman juga menjelaskan mengenai perkembangan pembangunan, perekonomian dan sumber daya alam tambang yang ada di kabupaten paling selatan Kaltim tersebut.

Dikatakan, Selain menjadi ajang silaturahmi, diklat para pejabat eselon II dari LAN Makassar itu juga dapat menjadi modal awal Pemkab Paser dalam menjalin jaringan dengan daerah lain.

“Ini dapat memberikan pemikiran dan ide bagi pembangunan daerah, khususnya pembangunan desa. Kami selalu terbuka dengan kritik dan saran sebagai referensi pengambilan kebijakan,” ucapnya.

Sementara Widya Iswara PKP2A II LAN Makassar, Dr. Ngadijono, M.ed mengatakan selama mengunjungi lokasi diklat, para peserta akan membuat proyek perubahan bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpinnya.

“Tujuannya untuk memecahkan masalah yang dihadapi di masing-masing OPD. Diklat ini juga sebagai masukan dan referensi atas persoalan masing-masing OPD,” kata Ngadijono.

Model diklat Pim 2 Pejabat Eselon kali ini kata Ngadijono, berbeda dengan diklat-diklat dilakukan sebelumnya, yang hanya ke daerah-daerah terdekat dan daerah-daerah yang maju.

“Sekarang diklat modelnya beda. Kalau dulu ke yang dekat-dekat, ke kota. Sekarang diklat ke daerah yang belum pernah dikunjungi,” terangnya.

Untuk diketahui, para peserta Diklat LAN Makassar itu berencana mengunjungi dua desa di Paser, yakni Desa Tepian Batang dan Sungai Tuak, Kecamatan Tanah Grogot. (kfp/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.