Hadirkan BPKP, BPKAD Paser Gelar Sosialisasi Juknis Sensus Barang Daerah

750

SOROT – Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Paser menggelar sosialisasi Petunjuk Teknis (Juknis) Pelaksanaan Sensus Barang Milik Daerah (BMD), Selasa (24/7/18) di Gedung Awa Mangkuruku, Tanah Grogot.

Dalam kegiatan tersebut, BPKAD Paser menghadirkan narasumber dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur.

Digelar selama dua hari, kegiatan itu diikuti pengurus barang pengguna dan pengurus barang pembantu dari seluruh tingkatan perangkat daerah termasuk Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Dibuka Wakil Bupati Paser Mardikansyah, Sosialisasi itu juga dihadiri Kepala Bappeda I Gusti Putu Suantara dan Sekretaris BPKAD Nur Ainawati.

Di acara tersebut Mardikansyah mengatakan, sosialisasi itu merupakan komitmen Pemkab Paser untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, dengan penerapan tertib administrasi dan tertib pengelolaan barang daerah.

Mardikansyah berharap, agar kegiatan itu diikuti peserta dengan baik, sehingga inventarisasi barang milik daerah di Paser dapat tertib dilakasanakan.

“Semoga peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga inventaris barang daerah berjalan tertib,” kata Mardikansyah.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris BPKAD Paser Nur Ainawati mengatakan kegiatan serupa terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2013.

“Kegiatan juknis sensus ini terakhir dilaksanakan pada tahun 2013. Sedangkan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari kedepan,” kata Nur Ainawati.

Sementara Auditor BPKP Kaltim Agus Sutaryat yang menjadi narasumber dalam kegiatan itu menyebutkan, materi sosialisasi yaitu juknis sensus barang milik daerah yang telah diatur pada Peraturan Bupati (Perbup) Paser Nomor 18 Tahun 2018.

“Materinya berfokus pada Perbup Paser Nomor 18 Tahun 2018. Selain itu, bagaimana pengurus barang menghadapi di lapangan terutama saat barang daerah berada di tangan pihak ketiga, ujar Agus. (kfp/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.