Diduga Percikan Api Dari Busi, Sepeda Motor Terbakar di SPBU Tanah Grogot

639

SOROT – Sebuah kendaraan roda dua terbakar di areal Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kilometer 4 Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim, Kamis (30/8/18).

Kapolres Paser AKBP Roy satya Putra melalui Kapolsek Tanah Grogot AKP Teuku Zia Fahlevie mengatakan, kebakaran itu bermula saat seorang pengendara sepeda motor berinisial AL (22) mengisi BBM di SPBU kilometer 4 Tanah Grogot.

AL meminta diisikan BBM senilai Rp 100 ribu, tak mampu menampung tangki kendaraannya akhirnya BBM meluber hingga merembes ke samping tangki.

“Kendaraan standar semua, tidak ada modifikasi, cuma pada saat mengisi full tumpah tuh jadi merembes ke samping,” kata Fahlevie, Jumat (31/8) di Tanah Grogot.

Usai mengisi, AL yang beralamat di jalan Padat Karya Tanah Grogot, kemudian berjalan dua langkah lalu mengengkol kendaraannya yang berjenis Thunder tersebut, namun mesin gagal menyala.

“Kemudian diengkol kedua kalinya diduga tiba-tiba keluar percikan api dari busi hingga terbakar kendaraan itu, dia nyangkut dimotornya, jadi pahanya ke bakar semua tuh,” ucapnya.

Melihat kejadian itu, operator SPBU langsung berlari mengambil Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk memadamkan api yang cukup mengagetkan warga sekitar. Selang 15 menit kemudian api akhirnya berhasil dipadamkan.

“Begitu sudah dipadamin korbannya langsung dibawa ke samping kantor SPBU, baru kemudian dilarikan ke rumah sakit,” ucapnya.

Menurut keterangan Bejo pengawas SPBU kata Kapolsek, untuk kendaraan yang tangkinya dimodifikasi, yang diduga dipakai mengetap (menyedot BBM) tidak dilayani SPBU.

“Jadi kemarin itu kendaraannya standar, tidak modifikasi tangki, hanya saja businya tidak memakai penutup karet (cop busi – red),” ucapnya.

Ditanya apakah ada unsur kelalaian, kapolsek mengatakan, untuk pihak SPBU sendiri sudah memasang himbauan, pada saat pengisian BBM mesin kendaraan wajib dimatikan dan tidak memainkan handphone.

“Kembali ke oknum tadi, dia sudah tahu kalau businya tidak dibungkus karet, kalau dibilang kelalaian ya kembali karena dia menganggap sepele tadi,” terangnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.