Forum Keserasian Sosial di Paser Gelar Dialog

774

SOROT – Forum Keserasian Sosial ‘Bolum Buen’ Desa Petangis Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser, Kaltim menggelar dialog dengan masyarakat, Kamis (4/10/18) di desa tersebut.

Kegiatan dialog yang menghadirkan narsumber Dinas Sosial Paser dan Kepolisian, juga dihadiri stakeholder terkat, seperti pihak kecamatan, kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Ketua Forum Keserasian Sosial ‘Bolum Buen’ Desa Petangis Zulvian Pratama mengatakan, guna mencegah potensi konflik yang terjadi di tengah masyarakat, pemerintah telah membentuk forum keserasian sosial di daerah.

“Yang dibentuk itu termasuk diantaranya forum keserasian sosial yang ada di Desa Petangis ini. Berdasarkan analisa kami, sejauh ini faktor ekonomi yang bisa menyebabkan terjadinya konflik di desa Petangis,” kata Zulvian.

Dikatakan, forum keserasian sosial dan forum swadaya masyarakat berupaya mencegah sedini mungkin potensi-potensi konflik, selain itu, melalui forum tersebut juga akan dibangun fasilitas rumah ibadah dan halte bus.

Untuk diketahui, Forum Keserasian Sosial ‘Bolum Buen’ mendapatkan bantuan dana Rp 150 juta dari Kementerian Sosial untuk deteksi dini potensi konflik sosial, melalui kegiatan fisik dan dialog dengan melibatkan tokoh masyarakat. (kfp/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.