Forum Konsultasi Publik RKPD 2020, Ina Rosana: Masyarakat Diikutsertakan Dalam Proses Penentuan Arah dan Kebijakan

854

SOROT – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Paser, Kaltim menggelar acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2020.

Kegiatan yang digelar di Kyriad Sadurengas Hotel, Kilometer 4 Tanah Grogot, Senin (11/3/19) tersebut diikuti sejumlah elemen, diantaranya Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Akademisi, Tokoh Masyarakat, LSM, Organisasi Profesi dan lainnya.

Dibuka Bupati Paser diwakili Asisten Ekonomi, Ina Rosana mengatakan, Forum Konsultasi Publik dan Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan saat ini, merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan.

“Sebagaimana yang diamanatkan Undang Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan,” kata Ina dalam sambutannya.

Lebih lanjut Ina mengatakan, proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama sama, antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

Masyarakat kata dia, merupakan mitra kerja pemerintah dalam setiap tahapan proses pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi.

“Artinya masyarakat tidak lagi dijadikan hanya sebagai obyek dari pembangunan, tetapi masyarakat diikutsertakan dalam proses penentuan arah dan kebijakan.

“Secara spesifik, lahirnya Undang Undang nomor 25 tahun 2004 bertujuan untuk perencanaan partisipatif, artinya konsep perencanaan pembangunan adalah merupakan produk dari kesepakatan bersama antara pemerintah dan masyarakat,” sambungnya.

Oleh karena itu, pelaksanaan diharapkan dapat memberikan jawaban terhadap permasalahan pembangunan, sehingga dapat berjalan secara efektif dan efesien. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.