Sepuluh Desa di Paser Dapat Program Pamsimas Air Bersih

503

SOROT – Sepuluh desa di wilayah Kabupaten Paser, Kaltim akan mendapatkan Program Pamsimas yang bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan air bersih di perdesaan

“Pamsimas program sarana air bersih untuk masyarakat di pedesaan yang tidak dikaper oleh perusahaan air minum yang ada di Kabupaten/kota,” kata Yusrani Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Paser, Senin (25/3/19).

Syarat untuk mendapatkan pamsimas kata Yusrani, salah satunya di desa harus ada ketersediaan sumber air bersih, seperti embung atau ada tempat lain.

Selain itu juga kesediaan kepala desa menganggarkan dalam Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 50 juta sebagai dana sharing.

“Kalau misalnya di desa itu tersedia sumber air bersih, tapi kepala desa tidak mengagarkan dana sharing maka program pamsimas juga tidak bisa masuk,” katanya.

Kesepuluh desa itu kata dia juga sudah dilakukan survay, dan survay itu bukan dilakukan dari DPKPP Paser, tapi melainkan dari perguruan tinggi, Bappeda, akademisi dan perusahaan PDAM.

“Artinya desa ini layak mendapatkan pamsimas, dan ini memang sangat dibutuhkan warga,” ujarnya.

Proyek pamsimas itu sudah dimulai sejak tahun 2017, 2018. Dan 2019 ini sumber pendanaan dari APBN ada delapan desa. Sedangkan dana dari APBD ada dua desa.

“Kenapa APBD ada dua, itu karena ada kewajiban pemerintah daerah, kalau APBN 8, APBD harus 2, 80 – 20 persen. artinya kepala daerah harus punya komitmen, anggaran APBN harus ada juga APBD-nya,” terangnya.

Jika anggaran APBD tidak tersedia kata Yusrani, maka anggaran APBN juga hilang dan tidak tersedia, karana dianggap pemerintah daerah tidak komitmen dalam proyek tersebut.

“Masih banyak desa yang membutuhkan proyek pamsimas tersebut, sehingga diharapkan ditahun-tahun mendatang program pamsimas masih berkelanjutan,” harapnya.

Menurutnya, besaran anggaran pamsimas setiap desa adalah Rp 245 juta, ditambah dana sharing desa Rp 50 juta termasuk juga sharing dari masyarakat misalnya berupa tenaga.

“Pelaksana proyek pamsimas itu dari Kelompok Kesuadayaan Masyarakat (KKM),” ucapnya. (rsd)

Berikut usulan desa sasaran program pamsimas 2019:
(1) Muara Langon, (2) Batu Butok
(3) Muara Kuaro, (4) Suweto,
(5) Lusan, (6) Laburan,
(7) Suliliran, (8) Muara Payang,
(9) Long Sayo, (10) Prayon.
Sumber: DPKPP Paser




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.