Bupati Paser Minta Dinkes Optimalkan Puskesmas

424

SOROT – Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk dapat menekan stunting dan beberapa penyakit yang menjadi perhatian saat ini.

“Kami harap Dinkes dapat membina puskesmas yang harus mampu menetapkan prioritas pada lima sasaran pokok Kementerian Kesehatan,” kata Yusriansyah, Selasa (7/5/19).

“Lima yang dimaksud yakni meningkatkan cakupan imunisasi, mencegah stunting, mencegah penularan TBC, menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian bayi,” tambahnya.

Ia menilai, puskesmas di setiap kecamatan maupun kelurahan, memiliki peran penting dalam menyukseskan program kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah.

Menurut Yusriansyah, fasilitas kesehatan tersebut juga memiliki peran penting dalam menyukseskan program Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dalam meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan.

“Salah satu misi Kabupaten Paser tahun 2016 – 2021 adalah meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan dan kesehatan, dalam praktiknya adalah mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” jelasnya.

Optimalisasi peran puskesmas lanjut Yusriansyah, harus terus dilakukan oleh instansi terkait, dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Paser.

Pemerintah sangat menaruh harapan besar terhadap puskesmas, sebagai fungsi promotif dan preventif terhadap gejala macam penyakit di masyarakat.

“Mari kita lihat persoalan kesehatan secara komprehensif, lalu selesaikan masalah dari hulu ke hilir,” ujarnya.

“Sampaikan ke masyarakat untuk selalu membiasakan pola hidup sehat dan bersih, sementara Dinas Kesehatan memastikan program-program kesehatan benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” sambungnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.