Dialokasikan Dana APBD, Dishub Paser Rehab Bangunan Terminal Kota

410

SOROT – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser, Kaltim merehab sejumlah bangunan pada UPTD Terminal Kota Tanah Grogot.

Rehab tersebut kata Kepala UPTD Terminal Kota Tanah Grogot Yusman, menggunakan dana APBD Kabupaten Paser tahun 2019 dengan alokasi sebesar Rp 400 juta lebih.

“Tahun ini ada rehab gedung Rp196 juta dan pemeliharaan gedung Rp220 juta. Setelah beberapa tahun sejak 2014 baru tahun ini bisa direhab dan dicat,” kata Yusman, Selasa (21/5/2019).

Menurut Yusman, Selain perbaikan dilakukan pada sejumlah bangunan terminal, pihaknya juga telah mengusulkan perluasan lahan untuk parkir melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Tanah dengan luas 150 meter di belakang terminal diperuntukkan lahan parkir dan beberapa tempat yang direncanakan untuk kantin bagi penumpang.

“Kami usulkan Rp17 miliar melalui dana DAK ke pemerintah pusat. Sudah dua tahun lalu diusulkan namun belum diakomodir,” ujarnya.

Dikatakan, selama bulan Ramadan ini, penumpang di terminal Kota Tanah Grogot tidak seramai dari bulan biasa.

Satu bulan ini kata dia, penumpang paling banyak 40 orang per hari menaiki 4 kendaraan angkutan ke beberapa desa dan kecamatan.

“Paling 4 angkutan. Satu angkutan isinya 11 orang. Memang satu bulan ini sepi dibanding bulan biasanya,” ungkapnya.

UPTD Terminal Kota Tanah Grogot kata Yusman, terus mengimbau kepada sopir angkutan untuk senantiasa mematuhi aturan dalam berkendara seperti memiliki kelengkapan surat kendaraan dan memerhatikan kondisi kendaraan.

“Termasuk imbauan kami untuk tidak menelpon saat membawa kendaraan karena bisa membahayakan penumpang,” pangkasnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.