BUMDes Miliki Peran Strategis, DPMD Paser Gelar Rakor dengan Pengurus

622

SOROT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Paser menggelar Rapat Koordinasi dengan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Paser, di Gedung PKK Tanah Grogot, Selasa (26/11/19).

Dibuka Asisten Kesejahteraan Masayarakat Bachtiar Effendi, kegiatan yang di ikuti 20 pengurus BUMDes tersebut, bertujuan untuk meningkatkan potensi perekonomian Desa.

Dalam sambutan Bupati Paser yang dibacakan Bachtiar Effendi, mengatakan, sangat mengapresiasi kegitan itu, karena merupakan wujud komitmen yang kuat untuk mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat.

Keberadaan BUMDes kata Bachtiar, memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kemakmuran dan kesejahetraan masyarakat Desa.

“Melalui kegiatan Rakor ini agar semua pemangku kepentingan turut membantu mengolah rencana kerja, yang dapat meningkatkan program-program unggulan BUMDes,” ucap Bachtiar.

Sementara Kepala DPMD Kabupaten Paser Hulaimi mengatakan, Rakor yang baru digelar kali pertama ini,salah satu tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pengurus-pengurus BUMDes.

“Selama ini kita belum pernah mengadakan Rakor kepada pengurus-pengurus BUMDes yang ada di Kabupaten Paser, terkait pengelolaan dan peningkatan BUMDes tersebut “ ujar Hulaimi.

Dari 139 Desa di Kabupaten Paser lanjut Hulaimi, saat ini baru 54 BUMDes yang sudah terbentuk. “Dari sejumlah BUMDes yang dibentuk masih ada beberapa yang belum aktif , ini disebabkan adanya kelemahan-kelamahan dari pengurus “ ungkapnya.

Oleh karenanya diharapkan kepada para Kepala Desa agar bisa memberikan bantuan dana untuk melakukan bimbingan teknis kepada pengurus-pengurus BUMDes tersebut.

“Kami berharap setiap Kepala Desa dapat mengalokasikan dana Bimtek untuk pengelola BUMDes, agar nantinya di setiap kegiatan administrasi maupun kegiatan-kegiatan BUMDes lainnya bisa berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat “ harapnya. (kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.