Polisi Ikuti Tes Urine, Kapolres Paser: Jika Positif Mengkonsumsi, Penjara dan Dipecat

362

SOROT – Kapolres Paser AKBP Murwoto tindak tegas anggotanya jika terbukti mengkonsumsi narkoba, hal itu disampaikan dalam kegiatan tes urine personel Polres Paser, Jumat (13/12/19).

“Jika nanti ditemukan ada anggota kita yang ketahuan hasilnya positif mengkonsumsi obat terlarang maka akan kami tindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Kapolres.

Berlangsung di Mako Polres Paser Jalan Jend Sudirman Tanah Grogot, Kalimantan Timur, Dalam kegiatan tersebut, puluhan personel Polres Paser menjalani tes urine.

Sebelum pemeriksaan tes urine, setiap personel mengisi daftar absen dan diberikan tabung urine dengan tanda label angka sesuai absen.

Tes urine tersebut, tidak hanya berlaku pada anggota bintara, tapi juga para perwira Polres Paser, seperti Waka Polres Kompol Sigit Harimbawan dan Kasat ResNarkoba Akp Tasimun Utomo.

Menurut Murwoto, kegiatan itu dalam rangka deteksi dini penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polri khususnya Polres Paser.

Ditegaskan, bila ada personel Polri yang positif mengunakan narkoba, akan diproses sesuai peraturan internal dan mekanisme di Institusi Polri.

“Jika positif terbukti mengonsumsi, akan ditindak sesuai peraturan yang berlaku dengan sanksi yang terberat, masuk penjara dan dipecat.” Jelasnya.

“Tidak semua hal positif itu menyenangkan rekan-rekan, contoh nyata saat ini saya berharap hasil tes urine untuk personel Polres Paser hasilnya negatip,” sambungnya.

Dikatakan, polisi sebagai penegak hukum sebelum memberantas narkoba, di internal Polri harus bersih terlebih dahulu.

“Untuk tes urine kali ini hasilnya negatif, tidak ada satupun anggota yang kedapatan positif menggunakan narkoba,” ungkapnya.

Kapolres juga mengingatkan, kegiatan tes urine bukan kali ini saja, tapi kedepannya akan terus dilakukan, dan jika nanti ditemukan ada polisi positif mengkonsumsi obat terlarang maka akan ditindak tegas. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.