Dua Desa di Paser Terendam Banjir, AKP Retno Ikut Evakuasi Seorang Anak

1515

SOROT – Kapolsek Batu Sopang AKP Retno Ariani terjun langsung kelokasi mendatangi korban banjir di Desa Batu Kajang dan Kasungai, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Sabtu (11/1/2020).

Menurut Retno, korban terdampak banjir di Desa Batu Kajang meliputi RT 28 sebanyak 7 KK, RT 22 sebanyak 5 KK, RT 03 sebanyk 5 KK, dan RT 02 meredam jalan menuju Desa Kasungai.

“Untuk Desa Kasungai rumah ketua RT 03 yang terdampak banjir, dan wisata Goa Tengkorak tertimpa pohon, namun tidak ada korban,” Kata Retno, Minggu (12/1) melalui sambungan telepon seluler.

Upaya yang dilakukan terkait banjir yang merendam dua desa tersebut yakni, mengaktifkan posko bencana banjir di kantor desa, memberikan informasi dan layanan kepada warga yang memberikan bantuan.

“Kami juga melakukan koordinasi dengan muspika, BPBD Paser, perusahaan untuk bantuan konsumsi bagi para korban dan koordinasi dengan PLN untuk mematikan arus listrik dilokasi terkena dampak banjir,” terangnya.

Selain itu, pihak kepolisian Polres Paser dan Polsek Batu Sopang juga berjibaku bersama pihak terkait, mengevakuasi korban banjir ke rumah warga yang lebih tinggi, serta mendistribusikan bantuan pakaian, makanan maupun air bersih.

Dalam kegiatan evakuasi, Retno yang memiliki naluri kewanitaan langsung menggendong seorang anak yang terjebak banjir diperjalanan bersama kedua orang tuanya.

“Anak itu kemarin dari Kasungai sama orang tuanya mau pulang ke Muara Komam tapi terjebak banjir, sebagai wanita bagaimana perasaan melihat seorang anak terjebak banjir, saya langsung gendong, orang tuanya juga repot nyelamatkan barang dan motornya, ucapnya.

Ketinggian air di dua desa yang terdampak banjir kata dia bervariasi, tertinggi sedada orang dewasa, dan saat ini air sudah berangsur surut, dan warga pun sudah mulai membersikan rumahnya masing-masing, sedang untuk posko masih tetap dibuka 24 jam.

“Alhamdulillah airnya sudah surut, tapi posko masih tetap dibuka, karena masih ada warga dan perusahaan yang memberikan bantuan kepada korban, seperti makanan nasi kotak dan minuman,” kata Retno.

“Air Sungai Kandilo sudah normal tidak meluap lagi seperti kemarin, jalan menuju Kasungai juga sudah tidak tergenang air. Mudah-mudahan aja tidak ada lagi hujan deras, dan cuaca hari ini juga hanya mendung,” tambahnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.