Cegah Penyebaran Virus Corona, ABK Asing Diperiksa

715

SOROT – Guna mencegah dan antisipasi penyebaran virus corona, puluhan Anak Buah Kapal (ABK) asing di Pelabuhan Pondong diperiksa, Kamis (30/1/2020).

Pemeriksaan tersebut dilakukan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Balikpapan Wilayah Pondong Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, terhadap 763 ABK.

“Sudah ada 763 anak buah kapal (ABK) yang diperiksa, dari jumlah tersebut 436 diantaranya berasal dari Cina, ” kata Kepala KKP Balikpapan wilayah Pondong, Harzan Khair, dilansir antara, Kamis (30/1).

Berdasarkan catatan KKP kata dia, kapal asing yang beraktivitas di Pelabuhan Pondong sebanyak 36 kapal, diantaranya berasal dari Jepang, Hongkong, Singapura, Taiwan, Philipines dan Korea.

Dikatakan, dari 36 kapal yang melakukan aktivitas di Pelabuhan Pondong, 20 kapal berasal dari Tiongkok yang beraktivitas sejak 1 Januari 2020.

Harzan Khair menjelaskan, sampai saat ini terus dilakukan pemeriksaan terhadap ABK asing guna mencegah dan antisipasi penyebaran virus corona.

“Pemeriksaan rutin setiap kapal dari luar negeri terus dilakukan, meskipun saat ini belum ada ditemukan penyebaran virus corona di Paser,” katanya. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.