Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Paser Lakukan Swab di Perbatasan

131

SOROT – Untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran COVID-19, Gugus Tugas Kabupaten Paser, Kalimantan Timur melakukan swab kepada pelaku perjalanan khususnya yang memiliki KTP Kabupaten Paser yang telah kembali dari Kalimantan Selatan.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser, Amir Faisol mengatakan, swab hanya dilakukan sebanyak 25 orang sebagai uji sampel untuk melihat bagaimana potensi penularan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dari Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kemarin kita melakukan uji sampel di perbatasan Kabupaten Paser, Kalimantan Timur dengan Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, tepatnya di posko pengukuran suhu tubuh Kecamatan Batu Engau,” kata Amir, Minggu (14/6/2020) di Tanah Grogot.

“Pertimbangan kita melakukan uji swab di perbatasan Batu Engau, karena dari sisi terkonfirmasi positif di Tanah Bumbu menurut kita cukup tinggi, waktu itu aja sudah terkonfirmasi positif di Tanah Bumbu kalau gak salah 137,” tambahnya.

Dikatakan, Swab yang hanya dilakukan kepada pelaku perjalanan yang melintas batas dari Kalimantan Selatan ke Paser, khususnya yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Paser, hasilnya dinyatakan semua negatif.

Sementara di posko pemeriksaan suhu tubuh di Kecamatan Muara Komam, yang juga perbatasan dengan Kalimantan Selatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Paser hanya melakukan rapid test.

“Kalau perbatasan di Kecamatan Muara Komam kita lakukan rapid test, jika hasil rapid test itu ada yang relatif maka langkah selanjutnya dilakukan swab,” ucapnya.

“Alhamdulillah, patut disyukuri karena hasil rapid test yang dilakukan kepada warga Kabupaten Paser yang melakukan perjalanan dari Kalimantan Selatan semuanya non reaktif,” tambahnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.