Nambah Lagi 2 Positif COVID-19 di Paser, Total Dirawat 6 Orang

183

SOROT – Kembali dua warga di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab yang keluar, Minggu (28/6/2020).

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten, Amir Faisol dalam konferensi pers, Senin (29/6) di Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Kedua pasien positif COVID-19 tersebut masing-masing diberi kode PSR 28 seorang laki-laki berusia 52 tahun dan PSR 29 juga seorang laki-laki dengan usia 34 tahun.

PSR 28 kata Amir adalah warga Kecamatan Batu Sopang dan juga seorang karyawan disalah satu perusahaan di kecamatan itu. Namun sejak tanggal 22 Juni 2020 dia berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“PSR 28 merupakan seorang PDP sejak tanggal 22 Juni 2020 telah dirawat di RSUD Panglima Sebaya Tanah Grogot,” kata Amir Faisol.

Dikatakan, saat itu selain perawatan, juga dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif, maka langsung dilakukan uji swab, kemudian pada 28 Juni hasil swab PSR 28 keluar dan dinyatakan positif COVID-19.

“Sekarang PSR 28 sedang menjalani perawatan diruang isolasi RSUD Panglima Sebaya Kabupaten Paser,” ujarnya.

Sementara PSR 29 yang juga terkonfirmasi positif COVID-19 adalah warga Kecamatan Paser Belengkong, dan merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Ia sebelumnya berencana ke luar Provinsi Kalimantan Timur.

“Pada saat melakukan rapid test di Puskesmas setempat sebagai syarat keluar Provinsi Kalimantan Timur, maka hasilnya waktu itu reaktif sehingga oleh Puskesmas setempat dimasukkan dalam orang yang akan dilakukan dilakukan swab,” ucapnya.

Setelah dilakukan swab, hasilnya menunjukkan PSR 29 terkonfirmasi positif COVID-19, kondisinya stabil dan saat ini sedang menjalani isolasi di Rumah Isolasi Eks RSUD Panglima Sebaya Tanah Grogot.

“Ini sudah ada semacam kesepakatan antara pihak RSUD Panglima Sebaya dengan pengelola Rumah Isolasi Eks RSUD Panglima Sebaya, untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tetapi kondisinya stabil dan tidak ada keluhan maka bisa dirawat di ruang Rumah Isolasi Eks RSUD Panglima Sebaya,” terangnya.

Dengan adanya dua orang terkonfirmasi positif COVID-19, maka secara komulatif di Kabupaten Paser terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 29 pasien. 22 pasien dinyatakan sembuh dan satu pasien dinyatakan meninggal dunia.

“Pasien sembuh ditambah yang meninggal ada 23, sementara terkonfirmasi positif ada 29, berarti ada enam pasien yang saat ini sedang menjalani perawatan,” jelasnya.

Dari enam pasien tersebut, satu pasien yaitu PSR 27 dirawat di RS Pertamina Balikpapan, kemudian empat pasien yakni PSR 24, 25, 26 dan PSR 29 berada di Rumah Isolasi Eks RSUD Panglima Sebaya dan satu lagi PSR 28 dirawat di ruang isolasi RSUD Panglima Sebaya.

“Jadi satu orang di Balikpapan, satu orang RSUD Panglima Sebaya dan empat orang di Rumah Isolasi Eks RSUD Panglima Sebaya, jadi total ada enam,” paparnya. (adv/kfp)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.