Mantap..!! Desa Kerta Bumi Raih Penghargaan Partisipasi Program Kampung Iklim

21

SOROTONLINE.COM – Pemerintah Desa Kerta Bumi, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, mendapat penghargaan dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (DJPPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) RI.

Penghargaan tertanggal 23 Oktober 2020 ini ditandatangani Dirjen PPI KemenLHK RI Dr Ir Ruandha Agung Sugardiman MSc. Selasa (22/12/2020), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser Kalimantan Timur menyerahkan sertifikat penghargaan itu kepada Desa Kerta Bumi.

“Terima kasih DJPPI KemenLHK dan atas penghargaannya. Terima kasih DLH Paser dan terima kasih Yayasan Solidaridad Network Indonesia,” Sekretaris Desa (Sekdes) Kerta Bumi Yadi didampingi Kaur Pembangunan Fabianus dan Kasi Pemeliharaan LH Syafrudin Anshari.

Penghargaan Partisipasi Proklim Program Kampung Iklim dengan Kategori Madya diberikan DJPPI KemenLHK kepada Kerta Bumi, sebagai bentuk apresiasi keikutsertaan dan komitmen Desa Kerta Bumi dalam menjalankan kegiatan-kegiatan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan berbasis komunitas dan pembangunan yang dilakukan Desa Kerta Bumi menurut Program Official Solidaridad Kabupaten Paser Melki, merespon dampak perubahan iklim yang telah terjadi di tingkat tapak.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser menyerahkan penghargaan Partisipasi Program Kampung Iklim Kategori Madya DJPPI KemenLHK kepada Sekdes Kerta Bumi Yadi di Desa Kerta Bumi Kecamatan Kuaro, Selasa (22/12/2020). (Solidaridad)

“Pemerintah Desa Kerta bumi sebagai mitra pembangunan Solidaridad mendorong dan meningkatkan kegiatan-kegiatan masyarakat, baik adaptasi maupun mitigasi terhadap perubahan iklim yang berbasis komunitas,” kata Melki.

Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya penanaman bambu di sekitar embung dan sumber mata air, pembuatan, penerapan pupuk organik ditingkat kelompok tani dan lainnya.

“Kedepan Solidaridad dan Desa Kerta Bumi serta Koperasi Bumi Subur akan mengembangkan pengendalian hama terpadu dengan pembuatan jamur Trichoderma dan tanaman refugia,” ucapnya.

Solidaridad yang juga mitra pembangunan Pemkab Paser terus mendukung program pembangunan berkelanjutan, yakni dengan kegiatan-kegiatan dampingan di Desa Kerta Bumi dan Desa Modang di Kecamatan Kuaro.

Saat ini warga Desa Kerta Bumi lebih produktif, lahan pekarangan ditanami sayur-sayuran, dengan pupuk organik dan pengendali hama buatan sendiri, yang nantinya menghasilkan bahan makanan yang baik untuk kesehatan.

“Pengendali hama yang dibuat tanpa bahan kimia, tanamannya pun menggunakan pupuk organik, jadi baik untuk kesehatan. Setidaknya hasil pekarangan mereka bisa mencukupi kebutuhan sendiri,” tambahnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.