Petugas Rutan Tanah Grogot Temukan Bunker di Bawah Lantai

80

SOROTONLINE.COM – Baru sekitar sebulan bertugas sebagai Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim, Doni Handriansyah mulai membuat gebrakan untuk menciptakan rasa aman di Rutan tersebut.

Setidaknya Doni sudah enam kali melakukan inspeksi mendadak ( sidak) ke sel-sel tahanan untuk memastikan aktivitas dan barang berbahaya yang dimiliki para narapidana (napi).

“Kurang lebih sebulan tugas disini, sudah enam kali saya melakukan sidak, ini sebagai deteksi dini untuk menciptakan rasa aman di Rutan ini,” kata Doni di Tanah Grogot, Senin (18/1/2021).

Saat dilakukan sidak kata dia, diantara tahanan diketahui ada yang kedapatan memiliki telepon genggam, karena barang jenis itu tidak perbolehkan dibawa oleh napi maka harus diamkan oleh pihak Rutan.

“Para napi gak boleh bawa hp, maka kita sita semua hp yang ada. Selain hp termasuk juga benda lain yang berbahaya, seperti senjata tajam, paku, tali dan lainnya juga diamankan,” ujarnya.

Menurut Doni, untuk menghindari barang tersebut terlihat petugas, mereka membuat bunker di bawah lantai sel tahanan, lalu barang-barang yang dilarang itu disimpan di bunker tersebut.

“Tadi juga kita sidak, ini barang-barang yang kita temukan, ada hp, tali tembaga, cat dan pasir, pasir yang ada ini sebagai bukti dia menggali lantai untuk membuat bunker, ” kata Doni saat menunjukkan barang tersebut. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.