Kepala Dishub Paser: Target kita 1 Juli Sudah Ada Pengelolaan Parkir

22

SOROTONLINE.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser, kembali meneruskan pengelolaan parkir, di sejumlah ruas jalan yang ada wilayah Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Kepala Dishub Paser Inayatullah mengatakan, pengelolaan parkir tersebut rencananya dimulai pada 1 Juli 2021, bekerjasama dengan rekanan pengelola parkir.

“Insyaallah di bulan Juni ini kita mulai melelang. Target kita 1 Juli sudah ada pengelolaan parkir baru lagi sampai Desember nanti,” kata Inayatullah, Rabu (9/6/2021).

Pengelolaan parkir kali ini kata dia berbeda dengan yang sudah dilaksanakan, jika sebelumnya dikelola hanya satu rekanan tapi kali ini akan jalankan oleh sejumlah rekanan.

“Kita sudah sampaikan kerekan-rekan kita, kali ini pengelolaannya motifnya atau tipenya bukan seperti tahun lalu lagi satu rekanan untuk pengelolaan semua ruas jalan,” ucapnya.

Perubahan pengelolaan itu diharapkan untuk memudahkan pengelolaan itu sendiri, serta kelancaran retribusi yang dibebankan pada rekanan.

“Kalau kemarinkan ada tunggakan dan sebagainya sampai akhirnya berujung pada pemutusan kontrak, tetapi kali ini kita bagi beberapa ruas jalan untuk beberapa pengelola,” tegasnya.

Diakui pengelolaan parkir tahun ini waktunya sedikit bergeser dibandingkan tahun sebelumnya, hal tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor yang menjadi fokus perhatian Dishub Paser.

Seperti adanya surat permohonan dari beberapa pengusaha atau pemilik toko yang tidak menghendaki pengenaan retribusi parkir di tepi jalan, dengan alasan adanya parkir di tepi jalan toko mereka menjadi sepi.

“Itu yang menjadi bahan diskusi kita dengan adanya penolakan tersebut, tapi tidak serta-merta penolakan tersebut kita penuhi karena kita menjalankan Perda terkait parkir ditepi jalan tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, Dishub Paser juga mengharapkan adanya pembiayaan untuk sarana prasarana dalam menunjang parkir tersebut, misalnya memasang rambu kawasan parkir atau mengecatan median area parkir.

“Tapi ini belum terakomodir, nanti kita usulkan lagi diperubahan. Kita tetap jalankan saja pengelolaan parkir ini nanti kekurangan kita perjuangkan kembali di perubahan nanti,” pungkasnya. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.