TMMD Ke-111 Kodim 0904/PSR Berakhir, Hasil Penyelenggaraan Baik dan Menggembirakan

175

SOROTONLINE.COM – Dandim 0904/PSR Letkol Czi Widya Wijanarko memimpin berlangsung acara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-1111 TA. 2021 Kodim 0904/PSR, Rabu (14/7/2021).

Berlangsung di Aula Panglima Sentik Makodim 0904/PSR, Jalan Noto Sunardi Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, acara tersebut dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Paser, dan sejumlah personel diantara dari TNI, Polri dan Satpol PP.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0904/PSR mengatakan, Kegiatan TMMD dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat.

Pelakasanaan TMMD bertujuan membantu Pemerintah Kabupaten guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun infrastruktur. serta membuka daerah yang terisolir agar kesejahteraan masyarakat meningkat.

Selain itu, kegiatan TMMD juga bertujuan meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka terpeliharanya Kemanunggalan TNI bersama rakyat.

“Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, penyelenggaraan TMMD kali ini dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman dengan hasil yang sangat baik dan menggembirakan,” kata Widya Wijanarko.

Dijelaskan, sasaran kegiatan non fisik seperti penyuluhan, Satgas TMMD bersinergi dengan dinas terkait meliputi KB/Kesehatan, Buta Aksara, Stunting (kurang gizi), Posyandu dan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), Hukum dan Pertanian.

“Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004 khususnya tentang tugas TNI pada OMSP, yaitu memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan Sistem Pertahanan Semesta,” terangnya,

“Termasuk membantu tugas pemerintah di daerah, khususnya dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.

“Untuk itu kata, Kodam VI/ Mulawarman berkomitmen untuk turut ambil bagian dalam upaya peningkatan kesejahteraan rakyat dan mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat sebagai kekuatan pertahanan,” tegas Dandim.

Terkait kegiatan TMMD, untuk mempererat hubungan silaturahmi dan kekeluargaan antara TNI dengan masyarakat, maka anggota Satgas TMMD diwajibkan tidur dan makan bersama di rumah masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan, Blberkenaan dengan selesainya pelaksanaan TMMD ke-111 TA 2021, atas nama keluarga besar TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya pada semua pihak yang telah bekerjasama dan membantu pelaksanaan TMMD ke-111 TA 2021.

“Mewakili seluruh prajurit dan pribadi, memohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD berlangsung ada prajurit yang melakukan tindakan kurang berkenan,” ucap Dandim 0904/PSR.

Ia juga Mengimbau prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-111 agar segera kembali ke induk pasukan masing-masing, dengan memperhatikan faktor keamanan personel dan materiil selama pelaksanaan kegiatan Serpas.

“Patuhi protokol kesehatan selama dalam perjalanan kembali ke satuan/home base masing-masing,” terangnya.

Untuk diketahui pelaksanaan kegiatan TMMD ke-111 Kodim 0904 berlokasi di Desa Kerang Dayo, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser. Ada sejumlah kegiatan yang dilakukan di desa itu.

Kegiatan diantaranya, pembukaan badan jalan disertai peletakan batu prasasti berukuran 1×1 m, pemasangan gorong-gorong, bedah rumah, sunatan massal, penyuluhan dan lainnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.