IDI Paser Buka Layanan Konsultasi Bagi Pasien Isoman

18

SOROTONLINE.COM – Acara podcast di Media Center Dinas Komunikasi Informatika Satatistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, menghadirkan narasumber Ketua Bidang Program Pengabdian Maysarakat pada IDI Paser, dr. Muhammad Zulhidayat.

Dalam acara yang digelar, Kamis (22/7/2021) dr. Muhammad Zulhidayat mengatakan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Paser membuka konsultasi gratis bagi pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Selain konsultasi gratis, IDI kata dia, juga menyiapkan suplemen gratis yang diantar ke rumah pasien. Program tersebut bertujuan untuk membantu pasien Covid-19 yang tengah menjalani isoman di rumah.

“Jadi kami buka layanan di Hotline ID Paser 0821 3333 6900, silakan hubungi nomor itu untuk berkonsultasi apa yang dihadapi selama isoman,” kata dr. Muhammad Zulhidayat, di Tanah Grogot, Kalimantan Timur.

Nanti, kata dr. Zulhidayat, akan ada dokter umum, dokter spesialis paru, dokter penyakit dalam, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter spesialis anak, dan dokter spesialis THT-KL yang menjawab konsultasi.

“Terkadang ada masyaraktat yang menolak dirawat di RS Muhammadiyah (ruang isolasi pasien tanpa gejala). IDI Paser ingin membantu pasien agar cepat pulih, supaya tidak jatuh pada gejala berat dan menekan angka rujukan ke rumah sakit,” ucapnya.

Dijelaskan, selama isoman pasien mengalami berbagai penyakit seperti demam, batuk, batuk kering ringan, anaroksia (nafsu makan menurun), sakit kepala, indera penciuman hilang, rasa nyeri tulang, pilek, bersin dan mual.

“Semuanya itu bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat dan berkonsultasi ke dokter. Selama ini pasien isoman berobat tanpa resep, hanya dengan mencarinya di google. Atau mendatangi dokter praktek padahal kan sedang isoman,,” imbuhnya.

dr. Zulhidayat berpesan kepada masyarakat, terkhusus pasien isoman, untuk tetap optimis dan bersemangat agar bisa pulih. Jangan percaya hoaks. Ikuti vaksinasi secara terjadwal dan berkala. Tetap konsultasi dan patuhi protokol kesehatan. (adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.