Sebanyak 405 WBP di Rutan Tanah Grogot Dapat Remisi, Dua Hirup Udara Bebas

19

SOROTONLINE.COM – Sebanyak 405 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot Kabupaten Paser, Kalimantan Timur mendapat Remisi umum, Selasa (17/8/2021).

Hal tersebut diketahui dalam acara penyerahan Remisi Umum bagi narapidana dan anak dalam rangka hari kemerdekaan RI 2021 dilakukan secara simbolis dan kepada WBP yang mendapat Remisi.

Berlangsung di Aula dan ruang kunjungan Rutan Tanah Grogot, Hadir dalam acara diantaranya Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf, Kepala Rutan Tanah Grogot Doni Handriansyah.

Selain itu juga hadir Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, Kapolres Paser AKBP Eko Susanto, Kepala Kejaksaan Negeri Paser Muhammad Judhy Ismono dan perwakilan Dandim 0904 Paser.

Selain dilakukan secara langsung, penyerahan remisi juga terhubung secara virtual dengan Menteri Hukum dan HAM dari Gedung Kementerian, dengan disaksikan Wabup Paser bersama pejabat lainnya.

Usai pelaksanaan penyerahan Remisi kepada WBP, Kepala Rutan Tanah Grogot secara khusus meminta waktu untuk menyerahkan bingkisan karya WBP kepada Wabup, Kapolres, Ketua DPRD dan lainnya.

“Mohon maaf, kami sengaja memberikan oleh-oleh olahan warga binaan kami berupa Amplang, dan ini enak rasanya, harapan kami semoga ini bisa dipromosikan diluar,” kata Doni Handriansyah.

Selain itu Doni juga menyerahkan property berupa gambar lemari pakaian kepada Wabup Paser yang sudah dipesan sebelumnya, lemari tersebut juga hasil karya WBP.

“Ini juga ada lemari pakaian yang dipesan Bu Wabup, ini fotonya Bu, lemarinya ada diluar dan segera kami antar ke rumah,” ucapnya kepada Wabup Paser.

Saat ditanya wartawan terkait Remisi dalam rangka hari kemerdekaan RI 2021, Doni menjelaskan, dari 405 WBP yang mendapat Remisi, ada beberapa orang WBP bebas murni dan bisa menghirup udara bebas diluar.

“Yang bebas hari ini sebenarnya total ada 5 orang, tapi 3 karena menjalani subsider hukuman denda sehingga mereka menjalani tambahan sampai selesai. Sehingga yang bebas hari ini ada dua orang,” terangnya.

“Remisi yang didapat bervariasi, dan paling banyak ada yang sampai mendapatkan lima bulan, dan kriteria mendapatkan Remisi ini pastinya berkelakuan baik,” sambungnya.

Sementara itu Wabup Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf mengatakan, terkait karya dari WBP bagi masyarakat yang ingin memesan lemari dipersilahkan untuk melakukan komunikasi dengan Rutan Tanah Grogot.

“Bagi masyarakat yang ingin memesan prodak-prodak utamanya meubelair Insyaallah disini (Rutan Tanah Grogot) ada ya,” kata Wabup Paser.

Menurut Masitah, kegiatan tersebut juga membuka peluang kerjasama bagi Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin bekerjasama dengan cara memberikan bahan mentah ke Rutan Tanah Grogot.

“Kegiatan Warga binaan disini sangat membuka peluang kepada UMKM, silahkan memberikan bahan mentah dan pasti Rutan siap bekerjasama,” ujarnya.

Selain itu Masitah juga berharap bagi WBP yang bebas agar berkelakuan baik ditengah masyarakat dengan cara bersungguh-sungguh.

“Bagi yang bebas kita berharap Bisa kembali ketengah masyarakat dan berkelakuan baik, Insyaallah masyarakat bisa menerima Asalkan mereka betul-betul Bersungguh-sungguh menjalani kehidupan yang lebih baik,”. pungkasnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.