Tingkatkan Deteksi Dini, Tim Kamtib Rutan Tanah Grogot Laksanakan Razia Kamar Hunian

16

SOROTONLINE.COM – Tim Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur menggelar razia blok hunian, Kamis (19/8/2021).

Kegiatan tersebut dalam rangka mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan Negara.

“Ini diadakan secara serentak pada seluruh jajaran UPT (Unit Pelaksanaan Teknis) Pemasyarakatan Kalimantan Timur,” kata Doni Handriansyah, Kepala Rutan Tanah Grogot.

Razia tersebut dipimpin langsung Karutan Doni Handriansyah dengan melibatkan 11 orang personil Kamtib Rutan Tanah Grogot serta dibantu Tim Pengamanan Rutan yang berjumlah10 orang personil.

Pelaksanaan razia dilakukan dengan cara penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sesuai perintah Karutan, sebagai deteksi dini keamanan.

Selain itu juga bertujuan meminimalisir benda atau barang- barang larangan dan berbahaya di dalam Rutan seperti Handphone (HP), Narkoba, senjata tajam dan benda berbahaya lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Tim Kamtib Rutan Tanah Grogot juga dengan cermat menggeber sudut demi sudut kamar hunian WBP.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, akan terciptanya lingkungan pemasyarakatan yang kondusif, Bersih, Inovatif, Santun, dan Aman,” ucap Doni.

“Ini sejalan dengan tata nilai dan komitmen Rutan Tanah Grogot untuk mewujudkan Zona Intergitas menuju Wilayah bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani,” sambungnya.

Dikatakan, meski begitu banyak rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan selama HUT RI 2021, tetapi personil Rutan Tanah Grogot tetap menunjukan semangat kerja yang tinggi.

“Kita jangan sampai kendor, kegiatan deteksi dini tetap kita laksanakan secara kontinyu dan berkesinambungan,” ujarnya.

Doni mengakui, sejauh ini Rutan Tanah Grogot dalam keadaaan aman dan kodusif, meski demikian Karutan selalu memerintahkan kepada seluruh jajaranya untuk tetap meningkatkan kewaspadaan. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.