Pemkab Paser Pinjam Dana 600 Miliar, Bankaltimtara Setujui Bunga 6 Persen

13

SOROTONLINE.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser melakukan peminjaman dana ke PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltimtara Cabang Tanah Grogot, Kalimantan Timur sebesar Rp.600 miliar.

Hal tersebut diakui Pimimpinan Cabang Bankaltimtara Tanah Grogot Yudhi Susatyo, menurutnya, pengusulan plafond pinjaman tersebut sudah disetujui dengan tujuan pembiayaan dalam memacu pembangunan daerah.

Dikatakan, sebelumnya Pemkab Paser telah melakukan audiensi dengan pihak Bankaltimtara pusat, berkaitan dengan pinjaman yang diajukan tersebut.

“Ada pertemuan di kantor pusat bulan Maret kalau tidak salah, saat audiensi, Pemkab Paser non formal minta di angka kisaran 5,5 persen, bunga yang kami tawarkan waktu itu 6,5 persen,” kata Yudhi, Senin (23/8/2021).

Dari permintaan itu, pihak Bankaltimtara tidak langsung menyetujui permintaan dari Pemkab tersebut, hingga akhirnya mencari jalan tengah dengan kesepakatan 6 persen.

“Bunga pinjaman daerah Kabupaten Paser disetujui oleh Direksi Bankaltimtara sebesar 6 persen per tahun dengan metode perhitungan sliding dan floating rate,” katanya.

Secara prinsip kata dia, pihaknya sudah ada kesepahaman dengan Pemkab Paser terkait plafond pinjaman, baik dari tingkat suku bunga, jangka waktu, dan lain sebagainya.

Perhitungan tersebut telah dibahas dan mengacu pada PP No. 56 tahun 2018 tentang Pinjaman Daerah, struktur APBD dan kebutuhan dana Kabupaten Paser, serta ketentuan perkreditan Bankaltimtara.

“Skema pengembalian pokok nantinya sebesar 150 miliar per tahun selama 4 tahun, sedangkan pembayaran bunga pinjaman tiap bulannya dengan besaran yang disesuaikan realisasi penarikan pinjaman,” terang Yudhi.

Sementara, sebagian persyaratan yang dibutuhkan dalam proses analisa kredit sudah diserahkan oleh Pemkab Paser melalui Tim Percepatan Pinjaman Daerah, tinggal menunggu surat persetujuan dan perda dari DPRD. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.