Rutan Tanah Grogot Lakukan Deteksi Dini Pasca Kebakaran Lapas Tangerang

8

SOROTONLINE.COM – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot, lakukan deteksi dini pencegahan dan pemeriksaan sarana dan prasarana di lingkungan Rutan, Kamis (9/9/2021).

Salah satu yang menjadi perhatian Rutan yang terletak di Kilometer 4 Jalan Kusuma Bangsa Tanah Grogot, Kabupaten Paser,Kalimantan Timur, yakni instalasi listrik di blok hunian dan lingkungan kantor.

Hal itu dilakukan menyusul pasca terjadinya kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Kota Tangerang, pada Rabu 8 September 2021 dini hari lalu.

Kepala Rutan Tanah Grogot, Doni Handriansyah mengatakan terjadinya peristiwa kebakaran pada Lapas Kelas I Tangerang, menjadi kabar duka mendalam bagi seluruh insan pemasyarakatan.

Setelah mendapat kabar kebakaran Lapas tersebut, Kepala Rutan Tanah Grogot langsung tancap gas mengerahkan jajarannya untuk deteksi dini melakukan pemeriksaan di semua titik vital.

Selain itu, Doni Handriansyah juga memerintahkan kepada jajaran keamanan Rutan, untuk memastikan sarpras seperti pemadam api ringan (apar) selalu stanby pada tempatnya dan dalam keadaan baik.

Lebih lanjut dia juga mengingatkan kepada seluruh petugas, untuk selalu menjaga dan memantau sarana prasarana yang ada di sekitar blok hunian maupun lingkungan kantor.

“Petugas pengamanan bukan saja melakukan penjagaan di area blok hunian, memonitoring aktifitas dan kesehatan WBP, melainkan konsisten melakukan pemeriksaan sarana prasarana yang dapat memicu adanya gangguan Kamtib,” kata Doni.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Rutan Tanah Grogot, Achmad Zaki Al Hasni mengingatkan kepada jajaran pengamanan untuk meningkatkan kepedulian pada sarana prasarana khususnya yang ada di blok hunian.

“Tidak hanya kontrol hunian, lakukan juga pengecekan ketersediaan APAR dan sarana prasarana lainnya. Ini menjadi tugas kita bersama,” tutur Achmad.

Dikatakan, untuk pencegahan terjadinya kebakaran di dalam Rutan, Rutan Tanah Grogot juga secara rutin melakukan monitoring instalasi listrik dan ketersediaan APAR, bekerjasama dengan PLN dan Dinas Pemadam kebakaran Kabupaten Paser. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.