Tuntaskan Blank Spot 15 Desa, Bupati Paser Perjuangkan Bangunan Tower ke BAKTI

412

SOROTONLINE.COM – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli bersama Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Paser Ina Rosana, melakukan audiensi di Gedung Menara Merdeka Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Audiensi yang bertujuan menuntaskan blank spot 15 desa di Kabupaten Paser tersebut, dilakukan bersama Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah BAKTI, Danny Januar Ismawan, dan Hilman perwakilan Direktorat Jenderal SDPPI Kementerian Kominfo.

Pada kesempatan itu Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan, betapa pentingnya pembangunan jaringan telekomunikasi dalam rangka mewujudkan pemerataan pembangunan bagi masyarakat.

“Pemerintah Daerah ingin ada pemerataan pembangunan infrastuktur jaringan telekomunikasi, agar tidak ada kesenjangan pembangunan antar wilayah,” ujar Bupati Paser dr. Fahmi Fadli.

Tujuan kedatangan Pemkab Paser ke BAKTI, kata Fahmi, agar pemerintah pusat melalui program BAKTI dapat menara atau tower telekomunikasi untuk melayani 15 desa di Kabupaten Paser, Kaltim yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

“Melalui anggaran pemerintah daerah pada APBD Kabupaten Paser tahun 2022, akan dibangun 5 menara telekomunikasi,” ujar Bupati Fahmi.

Sementara itu, Kepala DKISP Paser Ina Rosana menyampaikan, untuk mendapatkan bantuan pembangunan menara telekomunikasi dari BAKTI, 15 desa blank spot tersebut harus masuk dalam kategori Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

“Jadi 15 wilayah blank spot itu seharusnya kewajiban operator seluler. Namun karena mereka orientasi bisnis, tidak dimungkinkan untuk dibangun di lokasi tersebut,” kata Ina.

Solusinya, lanjut Ina, Pemkab Paser akan melanjutkan berkoordinasi dengan Direktorat SDPPI Kementerian Kominfo bersama pihak operator.

“Selanjutnya kami akan diundang SDPPI untuk mempertemukan kita apakah nanti operator siap membangun tower-tower di 15 desa tersebut,” ucap Ina.

Ina berharap apa yang dilakukan ini dapat membuahkan hasil sehingga program Bupati Paser yaitu PASER MAS untuk mewujudkan Kabupaten Paser yang Maju, Adil, dan Sejahtera dapat terwujud. (*/rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.