LDKS SMK 3 Tanah Grogot, Kominfo Paser Beri Materi Publik Speaking Bagi Peserta

476

SOROTONLINE.COM – Ropii Kasi Media Publik pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, menyampaikan materi publik speaking, Sabtu malam (27/11/2021).

Materi tersebut disampaikan pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMK 3 Tanah Grogot, dimana pesertanya merupakan pengurus OSIS baru periode 2021-2022.

Public speaking kata Ropi’i merupakan seni berbicara yang dilakukan secara langsung di depan umum atau sekelompok orang. Kemampuan public speaking yang dimiliki seseorang sangat diperlukan agar bisa menyampaikan gagasan atau ide dengan baik.

“Bagi pengurus OSIS, kemampuan public speaking yang baik, sangat menunjang kepemimpinan dalam berorganisasi,” katanya.

Dikatakan, bagi public speaking pemula ada hambatan psikologis yang sering menghantui, yaitu rasa takut berbicara yang berlebihan, untuk itu perlu membangun rasa percaya diri menghilangkan rasa takut sebelum berbicara di depan umum.

“Bagaimana caranya..? yang pertama, tentu menguasai materi yang akan disampaikan, perbanyak referensi untuk memperkaya pengetahuan terkait materi yang akan disampaikan, “katanya.

“Sering sering lah berlatih berbicara di depan orang banyak, ketika ada kesempatan berbicara, maka lakukanlah. Bisa karena terbiasa,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut Nara sumber juga menunjuk salah seorang peserta untuk berbicara di depan, tujuannya agar materi lebih mengena dan cepat dipahami peserta, pada saat pemaparan.

Kemudian, peserta yang berbicara tadi diminta menyampaikan apa yang menjadi hambatan ketika berbicara, lalu dicarikan pemecahannya.

Untuk diketahui, kegiatan LDKS berlangsung selama tiga hari 26 -28 November 2021 danmengikuti berbagai kegiatan seperti lomba keterampilan baris berbaris, beribadah bersama, bersih-bersih lingkungan.

Kemudian ditambah dengan lomba program kerja (proker), manajemen organisasi, publik speaking, kultum, hingga kegiatan jurit malam. (*/rsd)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.