Sambut Natal dan Tahun Baru, Rutan Tanah Grogot Lakukan Deteksi Dini Wisma Hunian

98

SOROTONLINE.COM – Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanah Grogot, Doni Handriansyah mengatakan pihaknya kembali melakukan deteksi dini, Kamis (16/12/2021).

Kegiatan tersebut yakni bersih-bersih wisma hunian warga binaan pemasyarakatan dengan melakukan razia ke tiap blok hunian. Hal ini dilakukan menyambut perayaan Hari Natal dan Tahun baru.

“Ini dilakukan guna pencegahan awal deteksi dini untuk menciptakan suasana yang aman dan kodusif,” kata Kepala Rutan Tanah Grogot, Doni Handriansyah.

Menurut Doni kegiatan deteksi dini memang selalu rutin dilakukan pihaknya, tujuannya untuk menciptakan lingkungan pemasyarakatan yang kodusif.

“Untuk giat deteksi dini kita selalu menjadi prioritas utama kami untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Tanah Grogot,” ujarnya.

“Biasanya dilakukan mulai dari control keliling (trolling) secara rutin baik area beranggang dan blok hunian, hingga melaksanakan razia wisma hunian warga binaan,” sambungnya.

Terlebih saat ini kata dia, mendekati Hari Perayaan Natal dan Tahun Baru pihak Rutan Tanah Grogot terus meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Rutan juga memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk senantiasa melakukan tugas dengan pendekatan humanis kepada warga binaan.

“Selalu saya ingatkan dan tekankan kepada anggota dalam setiap tugas yang dilaksanakan, saya instruksikan untuk bersikap humanis kepada warga binaan,” ucapnya.

“Karena walau bagaimanapun mereka adalah saudara kita yang harus kita bina dan kita Ayomi dengan baik,” tambahnya.

Sementara itu, hal senada juga di utarakan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Achmad Zaki Al Hasni, kegiatan ini akan terus dilakukan secara kontinyu agar gangguan Kamtib dapat dicegah.

Selain itu kata dia, kegiatan deteksi dini juga dilakukan dengan cara pengecekan fisik bangunan Rutan, mulai dari pengecekan dan perawatan gembok, tralis tralis blok hunian, instalasi listrik dan sarana prasarana lainnya.

“Semua ini guna memastikan Rutan Tanah Grogot dalam keadaan aman dan kondusif,” kata Achmad Zaki Al Hasni. (*/rsd)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.