Kunjungan Kerja, Wabup Paser Terkesan dengan Keaktifan Forum di Kukar

1747

SOROTONLINE.COM – Wakil Bupati (Wabup) Paser Hj. Syarifah Masitah Assegaf melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, Selasa (14/12/2021).

Wabup Paser diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kukar Drs. Sunggono, Kepala Badan Kesbangpol Kukar Rinda Desianti, dan Kepala Kemenag Kukar Mukhtar, di Pendopo Kabupaten Kukar.

Dalam Kunker studi komparatif guna memelihara dan menjaga kondusifitas daerah tersebut, Wabup Paser didampingi Kepala Badan Kesbangpol Paser Nonding dan Kabid Peningkatan Kapasitas Linmas Satpol PP Iswan Sugiarto.

“Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan peran forum-forum mitra pemerintah dalam menjaga kondusifitas di daerah,” kata Wabup Masitah dalam kunjungannya.

“Semua forum di Paser sudah berjalan namun perlu ditingkatkan perannya dalam membantu Pemerintah Daerah menjaga kondusifitas,” tambahnya.

Dikatakan, selain memiliki FKUB, FKDM, dan FPK, Pemerintah juga memiliki forum sebagai mitra yakni tim pemantau orang Asing, tenaga kerja asing, dan lembaga asing.

Masitah juga menerangkan kunjungan ini adalah kali ketiga yang dilakukan setelah dua kunjungan sebelumnya dilakukan di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Sebenarnya kata Masitah, setiap daerah memiliki payung hukum yang sama sebagai dasar pembentukan forum-forum tersebut.

“Walaupun aturan sama tapi banyak sekali kreasi yang bisa kami terjemahkan yang nantinya akan kami implemetnasikan di Kabupaten Paser,” ucapnya.

Masitah berharap dengan keaktifan forum bentukan pemerintah tersebut persoalan maupun konflik di daerah bisa diatasi dengan mudah.

Ia pun terkesan dengan keaktifan forum-forum bentukan pemerintah Kabupaten Kukar dalam keikutsertaan menjaga kondusifitas daerah. Sehingga hal itu bisa juga dilakukan di Kabupaten Paser.

“Dengan mengadopsi metode pembinaan forum-forum yang kami kunjungi ini, semoga kedepan program yang dijalankan lebih aktif dalam menjaga kondusifitas daerah,” terangnya.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Paser Nonding mengatakan, untuk mengoptimalkan peran forum yang sudah dibentuk, diperlukan komunikasi yang intens seperti yang dilakukan Kesbangpol Kukar melalui program Forkopimda digelar setiap bulan.

“Kedepan akan lebih banyak kami bertemu dengan forum-forum sehingga persoalan di daerah bisa dideteksi lebih dini. Sehingga potensi konflik bisa diredam. Seperti program di sini (Kukar) Forkopimda Mendengar,” ucapnya.

Dikatakan, dengan program Forkopimda Mendengar yang akan diadopsi Pemkab Paser, diharapkan forum-forum dapat lebih banyak turun ke masyarakat dan mendengarkan persoalan yang sedang terjadi.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan itu para pengurus forum diantaranya Forum Kerukunan Umat Beragama FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dan Forum Pembauran Kebangsaan (FKB) Kabupaten Kukar. (*/rsd)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.