Rutan Tanah Grogot Jadi Andalan Kemenkumham Kaltim

175

SOROTONLINE.COM – Rumah Tahanan (Rutan) Tanah Grogot, yang mengantongi predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) 2021 menjadi salah satu andalan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kaltim.

“Rutan Tanah Grogot menjadi andalan, kemarin sudah lulus penilaian TPI (Tim Penilai Internal) dari inspektorat jenderal kami, (Kemenkumham),” kata Hajrianor, Kepala Devisi Administrasi Kanwil Menkumham Kaltim, Kamis (20/1/2022).

Menurutnya, syarat menuju WBK terlebih dahulu harus lolos dari Tim Penilai Daerah (TPD), dan ini tidak semua Lapas Rutan yang bisa lolos, tapi Rutan Tanah Grogot mampu melewati itu dan lolos.

“Tidak semua Satker UPD Lapas Rutan yang berhasil lolos TPD, Rutan Tanah Grogot lolos 2021 dan mudah-mudahan 2022 mencapai predikat WBK,” ujarnya usai menghadiri kegiatan Deklarasi Janji Kinerja di Rutan Tanah Grogot.

Sementara itu Kepala Rutan Tanah Grogot Doni Handriansyah mengatakan, Target 2022 sama dengan tahun 2021 yakni mendapatkan predikat WBK.

“Ini tidak mudah, tapi saya yakin karena dekungan pimpinan kami di daerah maupun di pusat serta internal kami, kami bisa mencapai itu, terlebih pengalaman di 2021 itu menjadi ilmu yang sangat berharga,” kata Doni Handriansyah.

“Di Kalimantan Timur hanya Rutan Tanah Grogot yang mewakili ke Tim Penilai Nasional (TPN) kemarin. Tapi karena satu dan lain hal keberhasilannya tertunda, tapi kami sudah berkoordinasi dengan TPI kira-kira apa yang menjadi rekomendasi atau catatan kegagalan kami,” pungkasnya. (rsd)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.