Satlantas Polres Paser Pasang Sejumlah Spanduk di Lokasi Titik Rawan Kecelakaan

93

SOROTONLINE.COM- Guna menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas, Polres Paser gencar melakukan pemasangan spanduk keselamatan bertuliskan seperti “Awas 50 Meter Jalan Rusak”.

Spanduk tersebut dipasang di beberapa titik lokasi yang rawan terjadi kecelakaan lalulintas, seperti di Kecamatan Long Kali yakni di Jalan Jend Ahmad Yani dan Gunung Putar.

Kemudian di Jalan Negara Kecamatan Long Ikis dan di Desa Samuntai Kecamatan Long Ikis, termasuk juga di Jalan Provinsi Kilometer 3 Kecamatan Kuaro.

Menurut Kasat Lantas Polres Paser AKP Hari Purnomo, pemasangan spanduk tersebut, menindaklanjuti peristiwa kecelakaan lalulintas beberapa waktu lalu yang terjadi di persimpangan Rapak Kota Balikpapan.

“Dengan adanya kejadian di simpang Rapak itu, Polres Paser khususnya Satlantas menindaklanjuti, kita waktu itu tidak menunggu perintah, pertama kita melaksanakan sosialisasi kepada kendaraan bertonase berat, kedua kita melaksanakan survei jalan,” kata Hari Purnomo, Kamis (27/1/2022).

Wilayah yang disurvei saat itu kata dia, sepanjang jalan poros mulai dari Tanah Grogot hingga Kecamatan Longkali, hasil survei terdapat lima titik yang dianggap rawan kecelakaan dan black spot.

“Waktu kita survei ditemukan itu yang rawan terjadi kecelakaan, baik turunan maupun tikungan, kita dari Satlantas Polres Paser memasang banner atau spanduk sebanyak 20 di lima titik rawan laka tersebut,” ujarnya.

“Yang terakhir kemarin kita juga memasang banner di kilometer 3 Tanah Grogot atau di depan PLN. Dengan ada banner atau rambu yang kita pasang itu mudah-mudahan kita di Polres Paser tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” sambungnya.

Selain itu, pihak Satlantas Polres Paser juga melanjutkan survei jalan poros Kuaro hingga Kecamatan Muara Komam, guna memastikan titik rawan kecelakaan untuk dipasangkan spanduk.

“Selanjutnya yang akan kita lakukan kedepannya mulai dari Kuaro sampai Kecamatan Muara Komam, kita sudah survei kemarin belum ketemu, tapi yang utama di Gunung Rambutan dan Gunung Halat,” tuturnya.

Demi keselamatan dijalan Kasatlantas Polres Paser menghimbau kepada seluruh pengendara agar berhati hati dan mengecek kelengkapan kendaraan.

“Kecelakaan yang terjadi selama ini disebabkan beberapa faktor, pertama manusia, kedua jalan, ketiga kendaraan dan cuaca,” pungkasnya. (rsd)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.