Bupati Paser Lakukan Penandatanganan Bersama Terkait Pengembangan Smart City

858

SOROTONLINE.COM – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Paser melakukan penandatanganan bersama dengan PT Telkom Indonesia terkait pengembangan dan implementasi Paser smart city, Kamis (2/6/2022).

Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dilakukan oleh Bupati Paser dr Fahmi Fadli dengan General Manager PT Telkom Cabang Balikpapan, yoga Istanto di ruang Command Centre Kantor Bupati Paser.

Bupati Paser mengatakan, berbagai langkah dan kebijakan beberapa tahun terakhir telah dioptimalkan dalam upaya menghadapi perkembangan zaman terutama dibidang teknologi informasi dan komunikasi.

Dimana bidang tersebut saat ini telah menyentuh seluruh sektor dan bahkan telah menjadi suatu kebutuhan guna menunjang pertumbuhan perekonomian.

“Hampir semua aktifitas masyarakat sekarang ini tidak bisa lepas dari teknologi, terutama yang menyangkut kegiatan perekonomian dan pendidikan karena adanya situasi Pandemi,” kata Fahmi Fadli.

Untuk itu kata dia, kondisi seperti itu memaksa masyarakat terus berpikir berinovasi dan membuat terobosan. Bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akhirnya banyak memanfaatkan transaksi jual beli online.

Begitupun dunia pendidikan harus melaksanakan proses belajar mengajar secara online atau daring . Sehingga unsur pemerintahan tentu dituntut menyediakan layanan kemudahan akses dan bisa menyajikan informasi kepada masyarakat yang lebih cepat, tepat dan efektif.

Oleh karena itu kata Fahmi , konsep smart city di era revolusi industri dan society sekarang ini telah menjadi suatu keharusan, seiring meningkatnya kecerdasan masyarakat menuntut adanya pembaharuan di berbagai bidang dan aspek kehidupan.

“Untuk itu , kami menyampaikan terima kasih dan menyambut baik MoU ini , karena pembangunan smart city tidak bisa diwujudkan oleh pemerintah daerah saja, namun perlu dukungan semua pihak seperti halnya PT . Telkom Indonesia selaku provider penyedia jaringan telekomunikasi,” terangnya.

Fahmi meyakini, melalui MoU ini akan membawa dampak positif terhadap suksesnya kegiatan pembangunan di Kabupaten Paser dimasa mendatang.

“Apalagi tahun 2022 ini merupakan pergerakan awal dari rencana pembangunan yang disusun berdasarkan visi Paser MAS (Maju Adil dan Sejahtera),” ujarnya.

Ia berharap akses informasi dan layanan masyarakat bisa dengan mudah didapatkan dan tidak ada lagi blank spot di beberapa wilayah Kabupaten Paser.

“Semoga dukungan Telkom Indonesia berdampak nyata terhadap pembangunan dan kemajuan Kabupaten Paser saat ini dan seterusnya untuk masa yang akan datang,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Paser, Ina Rosana menuturkan, kerja sama tersebut sebagai kelanjutan dari kerja sama yang telah dilakukan di tahun lalu.

Bupati kata Ina Rosana berpesan agar kerja sama yang sudah berjalan bisa dioptimalkan, utamanya terkait layanan internet sesuai kerja sama yang yang dilakukan saat ini dengan PT Telkom yakni untuk layanan internet.

Terkait Smart City kata Ina, salah satu pilarnya adalah smart ekonomi, mengikat Paser memiliki potensi UMKM dan pariwisata. Didukung kerja sama yang telah berjalan, pihak Telkom juga akan memberi bantuan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

“Jadi CSR itu nanti untuk UMKM digital yang ada di Paser, dan ini tentu sangat sejalan dengan program Smart City yang sedang diusung Bupati,” pungkasnya. (adv)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.