Muksin: Kami Sangat Senang Karena Antusias Desa Mengembangkan Wisata

180

SOROTONLINE.COM – Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser Muksin, mengharapkan peran desa dalam pengembangan wisata di wilayah Bumi Daya.

“Kita sih mengharapkan lebih banyak peran desa yang mengembangkan kawasan-kawasan wisata yang berbasis desa,” kata Muksin di ruang kerjanya, Senin (13/6/2022).

Untuk Disporapar Paser kata Muksin bisa melakukan pendampingan terkait Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) guna mengelola wisata secara profesional.

“Kita memang ada jadwal ke desa-desa yang mempunyai potensi wisata untuk dilakukan pendampingan pelatihan peningkatan kapasitas Pokdarwis,” ucapnya didampingi Syahruddin Kabid Bina Usaha dan Produk Wisata.

“Hari Rabu ini kita ada rencana ke daerah Samuntai Kecamatan Longikis dan beberapa desa disekitarnya, wisata yang ada di daerah itu rata-rata wisata alam,” tambahnya.

Diakui, harapan Disporapar Paser terkait pengelolaan kawasan wisata disambut antusias oleh desa, dan mereka para warga di desa itu punya inisiatif sendiri mengembangkan wisata.

“Kami sangat senang karena antusias desa mengembangkan wisata di desa, dan ternyata memang banyak potensi wisata di daerah itu,” tuturnya.

Dikatakan, dengan banyak potensi wisata di desa yang bisa dikembangkan tentu erat kaitannya dengan pasilitas pendukung lainnya, terutama akses jalan yang mudah dilalui oleh para wisatawan yang berkunjung.

“Kendala utama kita untuk mengembangkan wisata adalah akses jalan menuju ke objek wisata tersebut, dan ini tentu kita akan melakukan kordinasi ke dinas terkait yang menangani infrastruktur jalan,” terangnya. (adv)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.