Empat Pokdarwis di Long Ikis Mendapat Pelatihan Dari Disporapar Paser

160

SOROTONLINE.COM – sebanyak empat kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di Kecamatan Long Ikis mendapatkan pelatihan dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Kamis, (16/6/2022).

Kepala Disporapar Paser, Muksin mengatakan, Kegiatan yang berlangsung di gedung pertemuan Empu Ulun Deo Desa Semuntai tersebut guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan Pokdarwis dalam pengelolaan obyek wisata.

“Pelatihan yang dilaksanakan Disporapar ini bekerja sama dengan pihak Pemerintah Desa Semuntai, Long Ikis,” kata Kepala Disporapar Paser, Muksin.

Dikatakan, ke empat Pokdarwis yang mengikuti pelatihan itu adalah Pokdarwis Desa Semuntai, Desa Brewe, Desa Krayan Jaya, dan Pokdarwis Desa Long Gelang.

Dalam acara tersebut, ada dua orang sebagai pemateri, yakni Kepala Bidang Bina Usaha dan Produk Wisata, Disporapar Paser, Sahrudddin dan pejabat fungsional Disporapar Wahab Syahrani.

Menurut Muksin, Materi pelatihan yang diberikan kepada empat kelompok itu lebih memfokuskan pada penerapan Sapta Pesona Pariwisata di kawasan obyek wisata yang ada di Paser.

“Sapta Pesona Pariwisata adalah mewujudkan objek wisata yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan meninggalkan kenangan yang berkesan bagi wisatawan,” ucapnya.

Kepala Disporapar Paser berharap kepada Pokdarwis yang setelah mengikuti kegiatan dapat mengelola obyek wisata di masing-masing desa dengan baik, sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Terpisah, Camat Long Ikis, Arnain sangat mengapresiasi atas terselenggaranya pelatihan tersebut, karena Pokdarwis yang ada di Kecamatan Longikis akan mendapat pengetahuan tentang pengelolaan wisata.

Untuk itu camat meminta agar anggota Pokdarwis dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh aehingga nantinya ilmu yang diperoleh dapat ditefapkan di desanya.

“Terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini, semoga ini menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata, khususnya  di Kecamatan Long Ikis,” pungkas Arnain. (adv)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.