Rutan Tanah Grogot Laksanakan Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban

664

SOROTONLINE.COM – Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanah Grogot Doni Handriansyah bersama jajaran dan ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) muslim melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H di halaman Rutan, Minggu (10/72022).

Diimami Pimpinan pondok pesantren Bina Iman Paser Belengkong, Ustadz Ahmad Syairazi, Kepala Rutan Tanah Grogot bersama jajarannya dan juga para WBP tampak khusyuk mengikuti pelaksanaan sholat Idul Adha.

Usai pelaksanaan sholat Idul Adha, kemudian dilanjutkan pemotongan hewan qurban secara bertahap dengan jumlah 8 ekor sapi dan 6 kambing, kegiatan tersebut dipimpin langsung Kepala Rutan Tanah Grogot beserta para jajarannya.

Doni Handriansyah mengatakan, dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban, pihaknya menggandeng Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser guna memeriksa kondisi kesehatan hewan qurban.

“Agar dapat dipastikan daging hewan qurban layak konsumsi dan terbebas dari penyakit mulut kuku (PMK) dan setelah dilakukan pemeriksaan hewan qurban dalam keadaan sehat dan layak konsumsi,” kata Doni Handriansyah.

“Alhamdulillah, Hari Raya Idul Adha tahun ini kita masih bisa melaksanakan ibadah qurban, insyaallah daging daging ini akan langsung kita distribusikan Kepada masyarakat agar mereka dapat merasakan juga,” tambahnya.

Doni juga berterimakasih atas kesediaan dari jajaran Dinas Perkebunan dan Peternakan dalam pemeriksaan lapangan kesetiap titik pelaksanaan qurban. Pemeriksaan penting mengingat dalam beberapa waktu terakhir isu PMK mulai merabak kepada hewan hewan qurban.

“Saya ucapkan terima kasih banyak atas kesediaan waktunya teman teman Dinas Perkebunan dan Peternakan Paser yang sudah hadir memeriksa langsung kondisi hewan qurban disini, Alhamdulillah setelah diperiksa hasilnya dalam keadaan layak konsumsi,” terangnya.

Dikatakan, sejumlah hewan qurban tersebut berasal dari para pegawai dan juga bantuan mitra kerja Rutan Tanah Grogot, dan diharapkan kegiatan ini dapat menjadikan ladang pahala untuk para jajarannya.

“Mudah mudahan lelahnya bapak ibu semua hari ini bisa menjadikan ladang pahala untuk kita semuanya aamiin,” ucapnya. (rsd)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.