Pemkab Paser Dukungan Penuh Implementasi Kurikulum Merdeka

252

SOROTONLINE.COM – Wakil Bupati Paser, Hj. Syarifah Masitah Assegaf mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser mendukung penuh implementasi Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2022/2023.

Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Dr. Khairullah beserta rombongan di ruang kerja Wabup Paser, Kamis (21/7/2022) di Tanah Grogot.

Menurutnya, Kurikulum yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, menjadi opsi tambahan dalam pemulihan pembelajaran paska Covid-19.

“Disamping lebih fleksibel, kurikulum merdeka belajar juga membuat proses belajar yang lebih menyenangkan  bagi peserta didik dan guru,” ujar Masitah saat ditemui usai kegiatan.

Dikatakan, salah satu bentuk dukungan dari pemkab Paser dalam implementasi merdeka belajar yaitu, menganggarkan pemberian satu guru satu laptop, sehingga dapat menunjang kurikulum merdeka belajar agar bisa diterapkan dengan baik di Paser.

“Jika selama ini pendidikan kita lebih menekankan pada aspek pengetahuan, nah dikurikulum merdeka ini kan lebih menekankan pada pengembangan aspek ketrampilan dan krakter sesuai nilai2 kehidupan bangsa kita,” bebernya.

Kurikulum Merdeka juga lebih fokus pada materi yang penting, sehingga pembelajaran dapat  lebih mendalam dan tidak terburu-buru dan guru juga bisa mengajar sesuai tahapan capaian serta perkembangan peserta didik.

“Satuan pendidikan diberi kebebasan bagi semua komponen dalam satuan pendidikan, mulai dari sekolah, guru, dan siswa, dan ini mengubah konsep pembelajaran kita,” puji Masitah.

Wabup Paser berharap, dengan adanya Kurikulum Merdeka ini dapat dapat menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Kita harapkan kedepan, kurikulum ini mampu menyiapkan SDM kita yang berdaya saing dan lebih berkualitas sejalan dengan visi Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (MAS),” pungkasnya, (adv)

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.