Dukung Pelaku UMKM, Pasar Tematik Bakal Dibangun di Siring Kandilo

120

SOROTONLINE.COM – Kawasan Siring Kandilo, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim bakal dibangun pasar tematik pada tahun 2023 mendatang.

Konsep pasar tematik yang dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser tersebut bertujuan mendukung tumbuhnya usaha mikro kecil serta sektor pariwisata.

Rencana itu pun mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI yang sejalan dengan program kerjanya.

Hal itu terungkap saat Bupati Paser Fahmi Fadli bertemu Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki Selasa (26/7/2022) di Jakarta.

Dikesempatan itu,Bupati Paser mengatakan, kunjungan ke Kementerian merupakan upaya Pemkab Paser untuk mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat.

“Upaya menggaet anggaran dari pusat, semata-mata untuk membangun daerah melalui peningkatan indeks UMKM,” kata Fahmi.

Dikatakan, sektor UMKM sebagai potensi yang mampu meningkatkan roda perekonomian daerah dan kreatifitas masyarakat. Paser memiliki potensi UMKM yang sangat beragam, sebagai daerah terdekat penyangga IKN Nusantara.

“Harapan besar kami, mendapat dukungan dan perhatian dari Kementerian Koperasi dan UKM guna membangun pusat pelayanan usaha terpadu di kawasan siring Kandilo,” harapnya.

Fahmi juga menjelaskan, pembangunan tersebut merupakan program strategis yang dijalankan Pemkab melalui Paser yang Maju, Adil dan Sejahtera (MAS).

Dijelaskan, pertumbuhan UMKM di Paser jumlahnya sangat besar, Disperindagkop dan UKM Paser mencatat sekitar 24 ribu pelaku UMKM di Paser

“Selama ini UMKM yang ada telah berkontribusi besar dalam menggerakkan roda perekonomian wilayah Kabupaten Paser,” terangnya.

Terkait hal tersebut, Menkop dan UKM Teten Masduki sangat menyambut baik kedatangan Bupati Paser, dan mengapresiasi serta mendukung pembangunan pasar tematik di daerah yang menjadi program unggulan.

“Konsep pasar tematik ini, guna mendukung tumbuhnya koperasi dan UKM di daerah. Pasar tematik ini juga merupakan program Menkop dan UKM, dan disambut baik serta mendapat dukungan pemerintah daerah,” kata Teten.

Menurut Teten, konsep pasar tematik ini, bisa mendukung pertumbuhan produk unggulan daerah, karena konsep pasar tematik merupakan pasar rakyat yang akan memperdagangkan produk-produk unggulan UMKM daerah setempat. (adv)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.