Siswa dan Siswi Terpilih Calon Paskibraka Kabupaten Paser 2022 Jalani Pemusatan Latihan dan Karantina

129

SOROTONLINE.COM – Sebanyak 31 siswa dan siswi terpilih calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Paser 2022 akan mengikuti pelatihan Pengibaran Bendera Merah Putih pada HUT Kemerdekaan RI ke- 77, tanggal 17 Agustus 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Muksin mengatakan, calon Paskibraka Kabupaten Paser 2022 berasal dari siswa/siswi tingkat SLTA di sejumlah kecamatan.

“Calon Paskibraka ada 31 orang siswa/siswi dari SLTA se Kabupaten Paser, Longkali 1, Longikis 2, Kuaro 1, Muara Komam 2, Tanjung Harapan 3, Paser Belengkong 1, Batu Sopang 2, Muara Samu 1 orang. Terbanyak dari Kecamatan Tanah Grogot ada 18 orang,” kata Muksin, Rabu (27/7/2022).

Dikatakan, pembukaan pelatihan bagi calon Paskibraka Kabupaten Paser 2022 akan dilaksanakan, Kamis (28/7/2022) sekaligus dilakukan karantina hingga tanggal 17 Agustus. Mereka akan dilatih oleh personil Kodim 0904/Paser, Polres Paser, Disporapar Paser dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

“Tempat karantina di Hotel Kryad Sadurengas, mereka ditempa pagi hingga sore, sementara malam hari diadakan evaluasi, pemantapan, siraman rohani semacam pembinaan keagamaan,” ujarnya.

Latihan yang dilakukan kata Muksin, mulai baris berbaris, membentuk pormasi hingga menentukan orang-orang pada posisi yang tepat. “Misalnya siapa pembawa bakinya dan lainnya,” sebutnya.

Dijelaskan, lokasi latihan dilakukan di halaman Hotel Kryad Sadurengas, namun menjelang pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI baru dilaksanakan latihan di Halaman Kantor Bupati Paser.

“Beberapa hari sebelumnya dilaksanakan latihan di Halaman Pemda untuk penyesuaian kondisi. Kita berharap mereka mengikuti tahapan pelatihan dengan serius, harus menjaga kesehatan, ini penting agar pada saat pelaksanaan nanti mereka sehat semua,” jelasnya.

Nantinya setelah menunaikan tugas mereka akan diberi uang pembinaan atau uang saku, dan dana tersebut bisa digunakan untuk berwisata atau keperluan lainnya.

“Bisa dikoordinir oleh Dinas untuk berangkat menuju objek wisata. Memang bentuknya uang yang diberikan kepada mereka, artinya mereka mau gunakan untuk apa, kalau misalnya kesepakatannya berwisata boleh saja kita mengkoordinir,” terangnya.

Muksin juga menjelaskan, mereka setelah purna nanti diharapkan dapat pembinaan, dan pembinaan itu ada di Kesbangpol, hal itu sesuai Perpres nomor 51 Tahun 2022 Pembinaan Paskibraka dialihkan ke badan yang menangani kesatuan bangsa.

Selain itu kata Muksin, Kabupaten Paser juga mengirim 5 orang siswa/siswi calon Paskibra ke tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2022, yakni Imroni Hasbi dan Andini Nur dari MAN Paser, Anisa Fathuljanah dari SMA 1 Muara Komam, Raditya Ihfan Huda dari SMAN 1 Tanah Grogot dan Syndy Resyta Mulyana dari SMAN 1 Batu Sopang, terangnya.

Mereka akan berangkat besok, Kamis (28/7/2022) ke Samarinda, dan Tanggal 29 Juli 2022 pembukaan pelatihan. “Pesan saya mereka agar dapat mengikuti kegiatan semaksimal mungkin dan saya mendoakan semoga selama menjalani latihan tidak ada rintangan,” tutupnya. (adv)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.